Manfaat Susu untuk Perawatan Tanaman

Manfaat Susu untuk Perawatan Tanaman

Views: 16

Manfaat-manfaat susu untuk manu sudah biasa kita ketahui bersama , namun ternyata manfaat susu bisa digunakan untuk tanaman-tanaman Anda. Sehingga tanaman-tanaman yang anda pelihara bisa berkembang lebih baik lagi.

Jika Anda menyimpan susu cukup banyak dirumah maka sebaiknya gunakan untuk tanaman di kebun Anda. Namun jika sengaja membeli susu untuk tanaman itu lebih baik.

Manfaat susu bagi tanaman yaitu sebagai pupuk yang membantu pertumbuhan tanaman dan juga sebagai anti jamur dan pestisida.

Susu mengandung kalsium dan vitamin B yang juga mempunyai manfaat yang sama bagi tanaman. Kalsium membantu tanaman tumbuh, serta mencegah pembusukan ujung bunga, yang dapat disebabkan oleh kekurangan kalsium kondisi ini biasa terjadi pada tanaman tomat, paprika, dan labu siam. Susu juga dapat digunakan sebagai pestisida yaitu membasmi kutu daun dan mengurangi virus daun mosaik. Ini juga dapat digunakan sebagai perantara untuk mencegah embun tepung.

Baca Juga:

3 Tanaman Di Kamar Tidur Untuk Kesehatan & Kebugaran

Tips Meletakkan Tanaman Hias Dalam Ruangan

Namun, susu bukanlah obat mujarab dalam hal menanam tanaman. Karena menggunakan susu terlalu banyak (over dosis) dapat mengakibatkan tanaman hancur sebab bakteri dalam minuman yang dapat menghambat pertumbuhan dan menyebabkan tanaman menjadi layu.

Lemak dalam susu murni juga dapat menyebabkan bau busuk, sedangkan susu skim dapat menyebabkan busuk hitam, busuk lunak, dan bercak daun Alternaria pada tanaman tertentu.

Cara Menggunakan Susu pada Tumbuhan

Semua jenis susu, termasuk susu segar, kadaluarsa, evaporasi, dan bubuk, dapat digunakan untuk tanaman di kebun anda asalkan diencerkan dengan benar.

Gunakanlah susu rendah lemak (2 persen) atau rendah lemak (1 persen), dari susu skim atau susu utuh.

Campur susu dengan air dengan perbandingan 50-50 dan tuangkan ke dalam botol semprot. Menyiram susu sangat penting untuk memastikannya benar-benar bermanfaat bagi tanaman Anda.

Rasionya tidak harus tepat—bahkan, Anda bahkan dapat mencampurkan sisa air galon terakhir saat Anda menghabiskan galon tersebut, hanya dengan menggunakan seperempat cangkir atau lebih susu.

Oleskan campuran susu ke daun tanaman, periksa kembali sekitar 30 menit untuk memastikan bahwa susu yang suda diencer tersebut diserap.

Jika masih ada cairan yang menempel di daun pada saat itu, usap perlahan dengan kain basah. Tanaman tertentu, seperti tomat, rentan terkena penyakit jamur jika cairan terlalu lama menempel di daun. Anda juga bisa menuangkan campuran susu langsung ke tanah di pangkal tanaman, yang memungkinkan akar menyerapnya.

Jika Anda memiliki area taman yang luas yang ingin Anda semprot dengan larutan susu, gunakan penyemprot selang taman. Kira-kira 1 liter susu cukup untuk lahan yang berukuran 20×20 kaki, sedangkan 5 galon susu cukup untuk lahan 1 hektar.

Setelah mengoleskan susu, hindari penggunaan pestisida atau pupuk kimia pada tanaman, yang akan membunuh bakteri dalam susu yang membantu pertumbuhan tanaman.

Setelah menggunakan susu pada tanaman, mungkin ada sedikit bau yang tidak sedap; namun, pada akhirnya pelan-pelan bau tersebut akan hilang dengan sendirinya.

Itulah manfaat susu bagi tanaman semoga tulisan ini bermanfaat.

Sumber:The Spruce

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Cara dan Gaya Hidup