Bus Tingkat/Double Decker Trend Baru Bus AKAP

bus tingkat/Double Decker
Views: 55

Bus tingkat adalah bus yang didalamnya terdiri dua lantai sehingga jumlah penumpang yang dapat diangkut bisa lebih banyak dari bus lantai tunggal. Bus jenis ini pernah populer pada era 1980an yang digunakan dibeberapa kota di Indonesia seperti di Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, Solo, dan Makassar tetapi hanya sebatas sebagai bus kota bukan bus antarkota seperti sekarang ini.

Bus double decker pada mulanya dikembangkan di kota London di Inggris, kemudian banyak dipakai di Hongkong, Singapura, Sri Langka, Kanada, Jerman dan belakangan ini banyak digunakan untuk bus pariwisata dan ada pula yang tidak diberi atap pada lantai kedua sehingga wisatawan mempunyai pandangan yang lebih bebas di lantai duanya.(Wikipedia)

Bus double untuk perjalanan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) akhir-akhir ini mulai banyak digunakan Perusahaan Otobus di Indonesia di Pulau Jawa dan Pulau Sumatera.

Bus Tingkat/Double Decker Trend Baru Bus AKAP Thoyron.Com
Bus Tingkat/Double Decker Sempati Star, Sepakat Maju Group, layani rute Medan – Banda Aceh. (Sumber foto: traveloka)

Pelopor bus tingkat/double decker untuk AKAP adalah PO Sempati Star yang merupakan bagian dari Sepakat Group. PO ini melayani rute Medan-Banda Aceh, Medan-Pekanbaru, termasuk rute Jakarta-Medan. Adapun untuk pulau Jawa pelopor angkutan AKAP adalah PO Putera Mulya menjadi perintis bus AKAP double decker di Jawa tepatnya bulan Desember 2016 itu tol Trans Jawa sudah jadi dan bus ini melayani rute Jakarta-Wonogiri.

Bus Tingkat/Double Decker Trend Baru Bus AKAP Thoyron.Com
Bus Tingkat/Double Decker Werkudara.
Gambar:pariwisatasolo.surakarta.go.id

Karoseri lokal yang pertama membuat bus besar itu adalah Tri Sakti, tapi digunakan untuk bus wisata dalam kota Solo di era 2010-an.

Bus double decker buatan karoseri Tri Sakti asal Magelang, Jawa Tengah selesai dibuat pada 2010. Bus tersebut digunakan untuk angkutan wisata di kota Solo, dengan nama Werkudara. Bus ini mulai dioperasikan sejak 2011.

Bus Werkudara Solo bisa menampung total 43 penumpang, 18 penumpang di kabin bawah dan 18 penumpang di dek atas.

Baca Juga:

Koridor Jalan Tertata Maka Hidup Akan Sehat Dan Ramah Lingkungan

15 Lowongan Kerja IT Bergaji Tinggi

Setelah eksis digunakan sebagai bus wisata atau bus perkotaan, bus double decker mulai dibuat untuk kebutuhan trayek bus AKAP, dengan dimensi dan kapasitas mesin lebih besar.

Ternyata harga sebuah double decker tidaklah murah. Untuk membeli sebuah unit utuh bus double decker anda perlu menyiapkan anggaran Sampai 3 miliar rupiah untuk harga bodi mencapai Rp 800 juta.


Bus tingkat/Double Decker saat ini menjadi tren di Indonesia. Banyak Perusahaan Otobus (PO) yang memakai bodi dengan kabin ganda tersebut.

Perusahaan penyedia karoseri antara lain Laksana, Adiputro, Tentrem, New Armada, Nusantara Gemilang, Rahayu Santosa, hingga Morodadi Prima.

Bus Double Decker produksi perusahaan karoseri Laksana dengan tipe SR2 Double Decker, harganya tembus 3 miliar rupiah. Itu sudah termasuk bodi dan sasis.

Untuk pembuatan bus Legacy SR2 Double Decker, harga body dengan interior standar mulai dari harga 800-an juta rupiah.

Harga diatas belum termasuk chassis, jok, AC, dan penambahan toilet, smoking area, ataupun sleeper cabin, dan penambahan opsional lain.

Walaupun harganya lebih mahal, bus double decker sendiri memiliki banyak keunggulan dibanding bus single deck.

Keunggulan bus ini adalah bisa dibuat untuk banyak kelas-kelas penumpang, mulai sleeper, super eksekutif, hingga eksekutif.

Selain itu dan ini yang lebih penting bahwa kendaraan tingkat ini umumnya diprasaranai dengan sistem keamanan yang lebih canggih karena walau bagaimanapun memang safety first jauh lebih penting bagi penumpang bus AKAP.

Penumpang bus di Jawa saat ini sangat dimanjakan dengan hadirnya bus-bus premium di rute AKAP (Antar Kota Antar Provinsi). Sesuai dengan labelnya, bus premium biasanya menawarkan fasilitas kelas satu, seperti kursi yang besar, bantal dan selimut, sandaran kaki, USB, dan masih banyak lainnya.

Rute Jakarta-Blora, terdapat PO Garuda Mas yang memiliki layanan bus premium double decker, dengan sasis Mercedes-Benz OC 500 RF 2542 dibalut bodi Adiputro. Untuk harga tiketnya sendiri yakni sekitar Rp 250 ribu. Fasilitasnya antara lain ada colokan USB, selimut, AVOD (Audio Video On Demand) untuk memutar film dan musik favorit, dan tentu saja ada AC dan toilet. Selain itu, penumpang juga dapat free service makan 1 kali.

PO Lorena yang memiliki layanan bus premium untuk trayek Jakarta-Malang. PO Lorena juga menggunakan Mercedes-Benz OC 500 RF 2542 dibalut bodi Adiputro. Harga tiket PO Lorena double decker ini dibanderol Rp 400 ribu, dengan fasilitas AC, toilet, reclining seat, stop kontak, dispenser air minum, free service makan, sandaran kaki, juga layanan AVOD.

(sumber:Detik)

Bus Tingkat/Double Decker Trend Baru Bus AKAP Thoyron.Com
Gambar: Pixabay

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Avatar

Uskhal

Uskhal adalah Pemilik dan Penulis di website Thoyron.Com.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *