8 Cara Supaya Kamar Tidur Nyaman

8 Cara Supaya Kamar Tidur Nyaman Thoyron Inc

Kamar tidur adalah salah satu bagian dari ruangan dalam suatu rumah yang berfungsi sebagai tempat istirahat seperti tempat bersantai,tempat menyendiri ketika kita menghadapi masalah dan yang pasti sebagai tempat tidur setelah seharian beraktivitas diluar rumah.Maka di artikel ini kami akan memberikan 9 tips kamar tidur supaya nyaman didalamnya

Kamar tidur yang rapi, bersih dan nyaman tentu akan membantu suasana hati lebih rileks dan membuat kondisi badan akan lebih “fresh” setelah beraktivitas diluar rumah. Oleh karena itu  ruangan tersebut  harus dijaga kebersihan dan kerapihannya. Kamar tidur yang tidak rapi apalagi kotor akan menjadi sumber penyakit bagi penghuni nya dan jin suka tempat yang kotor (serem kan).

Menata Kamar Tidur

1.Manfaatkan semua sudut ruangan

Terkadang kecerobohan kita adalah meletakkan sesuatu tidak pada tempatnya sehingga ketika kita membutuhkan barang tersebut tidak ada karena lupa meletakkannya.Maka untuk itu sudut ruangan yang kosong sebaiknya dimanfaatkan secara maksimal sehingga kita bisa meletakkan barang-barang yang kita butuhkan pada tempatnya sehingga mencarinya akan mudah.

2.Hanya dipilih barang yang dibutuhkan saja

Supaya kamar tidur rapi dan tidak berantakan maka letakkan barang yang memang kita butuhkan dan simpan barang yang tidak dibutuhkan dalam rak di kamar tidur, tempat lain atau digudang rumah

Baca Juga: 5 Persiapan Sebelum Renovasi Rumah

3.Sediakan tempat sampah

Dengan adanya tempat sampah di sudut ruangan kamar tidur atau yang terjangkau maka kita akan terbiasa disiplin membuang sampah pada tempatnya.Walaupun sampah dari aktivitas kita di kamar tidur  tidak banyak namun jika dibuang sembarangan tentu sampah lama-kelamaan akan menumpuk dan berserakan  sehingga kamar tidur menjadi akan kotor dan tidak tidak nyaman dihuni.

4.Kamar tidur dibersihkan secara rutin

Walaupun kamar tidur berada dalam ruangan tertutup maka harus tetap rutin dibersihkan juga karena debu pasti akan tetap ada, jadi jangan dibiarkan menumpuk. Maka jangan malas membersihkan tempat tidur, mengelap meja dan mengepel lantai lantai. Karena itu untuk kenyamanan bagi pemilik kamar itu juga.

Mendekorasi Kamar Tidur 

1.Tentukan Warna Dasar

Hal pertama yang anda harus dilakukan dalam persiapan mendekorasi kamar tidur adalah mementukan warna dasar lalu kemudian sesuaikan ornamen dalam kamar tidur tersebut seperti kasur, sprei, meja, kursi, lemari jaring, papan bersekat dan lain-lain. Adapun Warna dasar untuk benda  itu ada tiga yaitu merah, biru dan kuning.

2. Canopy Beds

Menurut wikipedia  canopy beds adalah tempat tidur dekoratif yang agak mirip dengan tempat tidur empat tiang . Tempat tidur kanopi yang khas biasanya menampilkan tiang di masing-masing dari empat sudut yang memanjang setinggi empat kaki atau lebih di atas kasur. Hiasan atau kain dekoratif sering kali disampirkan di ruang atas antara tiang dan petak kain yang solid dapat membuat langit-langit, atau kanopi langsung di atas tempat tidur.

Konon kabarnya munculnya  canopy beds karena dahulu ruangan raja dan pelayannya jadi satu sehingga dibutuhkan kamar tidur raja yang terpisah dari para pelayan-pelayannya tersebut  

3.Tambahkan Rak-Rak 

Rak-rak dalam tidak hanya berfungsi sebagai tempat penyimpanan barang namun bisa juga tempat meletakkan hiasan-hiasan kesukaan anda sehingga kamar tidur tidak terkesan kaku. Adapun Macam-macam rak-rak seperti :kabinet, rak untuk tv, rak buku, rak sepatu, laci anak, rak dinding dan lain-lain.Keberadaan  rak-rak tersebut tidak harus ada semua tentunya disesuaikan dengan luas rungan dan anggaran yang tersedia. 

4.Pasang Lampu Pendant

Lampu yang digantung di dalam ini tampak lebih,hangat,nyaman dan mewah. Lampu ini adalah jenis lampu yang pemasangannya digantung di plafon, sehingga dapat ditempatkan di mana pun.

Desain dan warna lampu yang beragam membuat lampu ini kian digemari. Jika ingin memasang pendant light  ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Untuk apa pendant light tersebut difungsikan? Apa untuk  general lighting? yaitu pencahayaan utama yang menjadi sumber penerangan dalam sebuah ruangan (lengkapnya baca disini), apa untuk  task lighting? yaitu sistem pencahayaan yang difokuskan pada suatu area dengan tujuan membantu aktivitas tertentu (lengkapnya baca disini). Apa untuk accent lighting ? yaiyu lampu aksen yang dimaksudkan untuk menyorot objek tertentu meski tak ada kegiatan yang terbantu di sana (lengkapnya baca disini)

Baca Juga: PERMASALAHAN CAT RUMAH DAN 4 CARA MENGATASINYA

Fungsi lampu menentukan jenis cahaya yang diperlukan. Ini berkaitan  dengan desain dan ukuran yang harus disesuaikan supaya mendapatkan penerangan yang diinginkan. Tinggi dan lebar ruangan juga perlu dipertimbangkan dalam proses pemilihan lampu. Sesuaikan ukuran dan skala lampu dengan luas ruangan, sehingga mempercantik interior ruangan. Sebaliknya, lampu yang terlalu besar atau terlalu kecil dapat mengganggu penampilan interior ruangan secara keseluruhan juga perhatikan faktor seberapa tinggi pendant light dipasang. Sesuaikan ketinggian lampu itu dengan tinggi plafon dan luas ruangan. Sehingga, ruangan itu mendapat cahaya sebanyak yang dibutuhkan.

Demikian artikel berkenaan dengan serba-serbi kamar tidur.Jika ada koreksi dari tulisan diatas bisa komentar di kolom dibawah ini atau langsung email ke info@thoyron.com

Ditulis Oleh: Usamah Khalid (uskhal@thoyron.com)

Sumber  Referensi :

wikipedia.com, sejasa.com, rumah123.com, edupaint.com, majalahasri.com, arsitur.com, sains.me

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *