Ini 7 Sebabnya, Kota Depok Ingin Memisahkan Diri Dari Provinsi Jawa Barat

Ini 7 Sebabnya, Kota Depok Ingin Memisahkan Diri Dari Provinsi Jawa Barat Thoyron.Com
signage or pointers on the highway for directions to the Jatijajar terminal and to the city of Bogor in Indonesian
Views: 41

Kota Depok adalah salah satu kota yang berada di Provinsi Jawa Barat hasil pemekaran dari Kabupaten Bogor beberapa tahun yang lalu. Dulu status Depok merupakan Kotif (Kota Administratif) sejak 1982 kemudian pada tahun 1999 pemerintah pusat menaikkan menjadi Kotamadya.

Setelah sekian lama Depok berstatus Kota definitif, saat ini mencul ide untuk menggabungkan Jabodetabek dalam satu provinsi tersendiri maka melalui walikota nya berharap Kota Depok bergabung ke propinsi DKI Jakarta berpisah dari Provinsi Jawa Barat

Adanya provinsi baru yang bernama Provinsi Jakarta Raya itu, menurut Walikota Depok adalah cara untuk menuntaskan berbagai masalah antara DKI Jakarta dan daerah-daerah penyangga ibukota yang masih menjadi bagian dari provinsi Jawa Barat dan Banten.   

5 alasan Kota Depok lebih realistis masuk menjadi bagian dari Provinsi Jakarta raya dibandingkan selama ini menjadi bagian dari Provinsi Jawa Barat.  

Baca Juga:

3 Alasan Provinsi Bogor Raya Kenapa Harus Terbentuk!

Alasan pertama dari sisi jarak, Depok lebih dekat dengan Jakarta dibandingkan ke Bandung sebagai ibu kota Provinsi Jawa Barat.

Kedua, dari sisi budaya, bahasa dan kebiasaan, kultur orang-orang Depok lebih mirip ke Jakarta, dibanding Jawa Barat yang dominan Sunda.Hal ini tidak dipungkiri bahwa warga Depok saat ini memang banyak berasal dari wilayah Jakarta yang terkena dengan dampak pesatnya pembangunan Jakarta

Alasan ketiga, berkaitan dengan kepolisian Kota Depok selama ini di bawah kendali Polda Metro Jaya bukan Polda Jabar.

Alasan keempat untuk bidang keamanan yakni TNI di Kota Depok juga tergabung dengan Kodam V Jaya bukan Kodam Siliwangi.

Alasan kelima, kode area Telkom Depok juga menggunakan kode (021) sama dengan DKI Jakarta.

Alasan keenam,dengan harapan juga ketika Kota Depok bergabung dengan Jakarta akan lebih memudahkan karena jarak yang lebih dekat sehingga pembangunan Kota Depok bisa terintegrasi, lebih cepat, lebih keren seperti Sudirman.

Apalagi ditambah ada fenomena SCBD (Sudirman – Citayam – Bojong Gede – Depok) yang lagi merebak dikalangan remaja membuat keinginan Kota Depok menjadi lebih kuat lagi berpisah dari Provinsi Jawa Barat.

DKI Jakarta beberapa tahun kedepan bukan lagi menjadi Daerah Khusus Ibukota karena IKN jadi di Kalimatan Timur (Kaltim). Nantinya Jakarta hanya jadi provinsi biasa seperti dengan Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan lainnya akan memiliki Kota dan Kabupaten Otda (Otonomi Daerah

Alasan ketujuh jika wilayah Bogor ,Depok, Bekasi yang saat ini masih berada di provinsi Jawa Barat bergabung ke Provinsi Jakarta Raya maka Provinsi Jawa Barat bisa lebih fokus menangani pengembangan daerah kota dan kabupaten yang relatif masih tertinggal.

Namun ide pembuatan provinsi baru ini sebaiknya diserahkan kepada masyarakat yang berada di wilayah tersebut apakah sesuai dengan aspirasi mereka atau tidak karena yang diinginkan oleh masyarakat itu tidak muluk-muluk yang penting kehidupan mereka bisa lebih baik daripada sebelumnya dari sisi materi dan immateri.

Kita lihat saja perkembangan selanjutnya karena ide ini ditentang juga oleh wakil gubernur Jawa Barat.Simak videonya disini

Sumber: Tempo, Wikipedia dan Pixabay(Gambar)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Avatar

Uskhal

Uskhal adalah Pemilik dan Penulis di website Thoyron.Com.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.