5 Persiapan Sebelum Renovasi Rumah

5 Persiapan Sebelum  Renovasi Rumah Thoyron Inc
Gambar:Pixabay

Renovasi rumah adalah salah satu bentuk kegiatan atau aktivitas perawatan rumah supaya lebih nyaman untuk ditempati dan bisa membuat suasana baru. Rumah sebagai tempat tinggal maka harus terus dirawat karena salah satu kebutuhan dasar bagi manusia.Rumah dapat mengalami kerusakan yang tidak terduga maka harus segera diperbaiki supaya tidak bertambah kerusakannya oleh karena itu perlu diketahui tanda-tanda dan penyebabnya agar kerusakan bisa ditangani dengan segera sehingga meminimalkan anggaran yang telah disiapkan.

Keinginan merenovasi rumah terkadang timbul disaat melihat ada ruangan kosong di dalam rumah misalnya ruang tamu,ruang keluarga,dapur dan sebaginya.Ketika ingin memperluas ruangan yang ada maka sah-sah saja kita ingin merenovasi rumah.Jika anda ada berkeinginan seperti ini ada cara yang menarik yaitu menambah jendela yang luas untuk menambah kesan luas. Tapi yang pasti menambah luas ruangan tentu menggabungkan dua ruangan.

Namun walaupun demikian hendaknya sebelum kita  memutuskan menambah ruangan kita harus merencanakan fungsi ruangan baru itu untuk apa dan bagaimana penempatan perabotan yang akan digunakan dalam ruangan tersebut juga tentu dipikirkan pula anggaran yang efisien dan efektif. Apalagi dalam agama juga diajarkan jangan membelanjakan harta secara boros.Yang disebut boros misalnya  membangun yang peruntukannya tidak jelas untuk apa ruangan tambahan itu dibangun.

Baca Juga :PERMASALAHAN CAT RUMAH DAN 4 CARA MENGATASINYA

5 Hal Perlu Diperhatikan Sebelum Merenovasi Rumah

1.Persiapan Biaya Merenovasi Rumah

Sebelum melakukan renovasi, sebaiknya ada perbandingan kemampuan keuangan dengan anggaran renovasi rumah. Jadi Jika keuangan anda dapat menyanggupi anggaran yang telah direncanakan, dan anda merasa inilah waktu yang tepat untuk melakukan renovasi rumah, segera kerjakan. Namun, jika selisih anggaran dan kemampuan keuangan anda tidak mencukupi, sebaiknya anda pertimbangkan lagi matang-matang sebelum mengambil keputusan merenovasi rumah.Tunggu saat yang pas dan tepat

Menabung merupakan langkah awal yang tepat untuk proyek merenovasi rumah.Anda perlu mencari tahu estimasi biaya renovasi yang sesuai luas rumah dan tanah yang akan dikerjakan.Sebaiknya sediakan cadangan anggaran antara 10-20% untuk persiapan dikuatirkan  tiba-tiba anggaran yang direncanakan diawal pembangunan  membengkak.Hal itu biasa terjadi dilapangan.

2.Gunakan Perusahaan Jasa Renovasi Yang Tepat

Gunakan perusahaan jasa renovasi rumah atau  kontraktor yang terpercaya dan berpengalaman dalam mengerjakan proyek renovasi rumah untuk mengurangi resiko biaya yang besar dan waktu pengerjaan yang panjang.Maka harus membangun komunikasi dua arah supaya tidak timbul masalah dikemudian hari.Salah satunya adalah Thoyron Properti yang bisa anda gunakan jasanya untuk merenovasi rumah.Info lengkap klik disini 

3. Tentukan Bagian Rumah Yang Ingin direnovasi

Sebaiknya diskusikan dengan kontraktor pilihan anda secara detil apa saja yang akan direnovasi seperti warna apa untuk dinding dapur, keramik atau cat apa yang akan digunakan,desain interior yang diinginkan, dan lain sebagainya. Mintakan estimasi harga yang diperlukan beserta laporan rincian biayanya.

Setelah berkonsultasi dengan pihak perusahaan jasa renovasi rumah tersebut berikan keputusan akhir, dan jalankan renovasi sesuai perencanaan. Anda juga sebaiknya tidak mengubah dengan gampangnya atau menyimpang dari hasil keputusan/ perencanaan karena setiap perubahan biasanya akan ada biaya renovasi tambahan dan sudah pasti memakan waktu yang lebih lama tentunya.

4.Tempat Pindah Sementara

Ketika merenovasi rumah secara total tentu anda harus memiliki cadangan tempat tinggal sementara untuk menunggu  pembangunan selesai.Tempat tinggal sementara bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

5.Pengurusan Perizinan

Perizinan adalah salah satu komponen dalam persiapan merenovasi rumah karena berkaitan dengan pajak atau retribusi  yang akan dibayar kepada pemerintah setempat.Tapi perizinan ini juga tergantung kebutuhan anda juga karena terkait anggaran yang tersedia.

Baca Juga:Rumah Memiliki Arti dan 2 Fungsi Penting

Terkait perijinan seperti yang tercantum dalam Pasal 1 angka (5) Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 32 Tahun 2010, tentang Pedoman Pemberian Izin Mendirikan Bangunan (“Permendagri No. 32/2010”), yang berbunyi;

“Izin mendirikan bangunan adalah perizinan yang diberikan oleh pemerintah daerah kepada pemohon untuk membangun baru, rehabilitasi/renovasi, dan/atau memugar dalam rangka melestarikan bangunan sesuai dengan persyaratan administratif dan persyaratan teknis yang berlaku.”

Renovasi rumah yang tidak memerlukan IMB juga berlaku untuk kondisi:

-Pemeliharaan dan perawatan bangunan yang bersifat biasa

-Mendirikan bangunan di halaman belakang yang volumenya tidak lebih dari 12 M2

-Membangun bangunan di bawah tanah

Untuk mendirikan bangunan ataupun merenovasi rumah dalam skala besar, anda memerlukan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) supaya proses renovasi rumah/ruko/kantor tidak terhambat atau batal gara-gara tidak ada perizinan.

Informasi lengkap terkait perizinan bisa dibaca disini

Demikian ha-hal yang perlu dipersiapkan dalam merenovasi rumah.Saran diatas bisa berbeda sesuai kondisi dilapangan.

Ditulis Oleh: Usamah Khalid (email:uskhal@thoyron.com)

Sumber Referensi : sejasa.com, liputan6.com, dan lain-lain

3 Comments
  1. Juli 11, 2020 | Balas
    • Juli 23, 2020 | Balas
    • Juli 23, 2020 | Balas

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *