PERMASALAHAN CAT RUMAH DAN 4 CARA MENGATASINYA

Permasalahan Cat Rumah Dan 4 Cara Mengatasinya

Read Time:3 Minute, 24 Second
Permasalahan Cat Rumah Dan 4 Cara Mengatasinya Thoyron.Com

Cat adalah salah satu bagian bahan bangunan yang digunakan oleh pemilik rumah supaya rumah nampak indah dan menawan .Oleh karena itu harus rumah tersebut harus menggunakan warna-warna yang di selaras dengan dengan elemen-elemen materia rumah lainnya seperti kayu dan batu. Dengan perpanduan warna yang pas maka rumah tersebut akan tampak terlihat lebih cantik dan menarik.Terlebih lagi jika rumah itu ingin dijual maka kerapihan dan keindahan rumah harus diperhatikan lebih serius dan sungguh-sungguh.

Biasanya cat yang dipakai untuk rumah terdiri  atas dua jenis : cat tembok untuk interior dan eksterior. Namun secara fungsinya tetap sama yaitu memberikan perlindungan terhadap tembok rumah dan mempercantik tampilan rumah supaya lebih enak dilihat. Walaupun demikian tetaplah ada perbedaan yang mencolok antara cat interior dan cat eksterior karena lokasi penempatan dan pengaplikasiannya tersebut.

Perbedaan Cat Interior dan Eksterior

Berikut perbedaan antara cat interior dan eksterior yang bisa dilihat dari beberapa sisi:

1.Dari sisi perawatan: cat interior sangat mudah perawatannya karena terletak dalam ruangan, sementara cat eksterior walaupun tidak semudah cat interior namun masih  relatif mudah dibersihkan juga

2. Ketahanan terhadap cuaca: cat interior tidak baik sementara  cat eksterior sangat baik

3.Kandungan logam berat cat interior dan eksterior sama-sama  tidak ada

4. Bahan dasar cat interior: berbahan air:terbagi dalam doff,mate dan semi killap cat eksterior berbahan air dan minyak

sebagai informasi tambahan cat eksterior berbahan dasar air harganya lebih murah dan daya rekatnya lebih kuat. Disisi lain cat eksterior berbahan dasar minyak akan memberikan kesan mengkilap pada dinding, mudah dicuci dan tidak dan tidak mudah keropos . Namun ada kekurangan cat minyak seperti bau menyengat dan waktu pengeringan lama

Namun seiring dengan waktu maka cat rumah tersebut akan memudar dan mengelupas karena sebab sinar matahari dan hujan  sehingga rumah akan terlihat kusam dan tidak bercahaya berakibat  tidak nyaman untuk ditempati dan  tidak enak dipandang tentunya.

Baca Juga:Rumah Memiliki Arti dan 2 Fungsi Penting

Dengan kondisi rumah yang seperti itu maka tentu anda harus mengecat ulang supaya kondisi rumah terlihat “fresh” dan terasa lebih nyamanlagi  untuk dihuni.

Penyebab  Cat Cepat Mengelupas 

1.Tembok yang hendak dicat belum benar-benar dalam keadaan kering

Proses pengeringan yang belum sempurna, pencampuran semen dan pasir yang tidak tepat menyebabkan tembok masih mengandung garam alkali yang tinggi.

2.Kualitas dempul dinding yang berkualitas  rendah sehingga pada saat mengecat dempul terangkat atau tidak bisa bertahan lama

3. Dinding masih berdebu 

Ketika dalam mengecat dinding masih dalam keadaan kotor berdebu,berminyak dan tidak memakai cat dasar maka cat didinding mudah mengelupas 

4.Cat lama tidak dikerik terlebih  dulu dan mengapur. Pengecatan diatas cat lama yang mengapur menyebabkan pengecatan tidak sempurna dan mudah mengelupas 

Baca Juga:Tikus-Tikus Takut Dengan 3 Tanaman Dan 2 Bumbu Dapur Ini

Tips-tips pengecatan yang baik:

1.Pilihlah cat dengan kualitas baik yaitu yang daya rekatnya dan elasitasnya baik karena hasil pengecatan akan semakin bagus dan awet jadi anda tidak perlu cat ulang terus-menerus dalam waktu yang berdekatan.

2. Gunakan cat dasar saat mengecat ulang.

Pertama keriklah lapisan cat yang terkelupas kemudian bersihkan permukaan dari kotoran dan debu yang menempel tersebut. Setelah itu lapisi dengan cat dasar/primer coat. Kemudian biarkan cat dasar tersebut mengering secara baik dan sempurna jangan terburu-buru mengecat ulang supaya hasilnya lebih bagus. Setelah mengering secara sempurna barulah dilakukan finishing coat.

3.Setelah dua minggu pengecatan tersebut bersihkan noda dan sisa kotoran yang menempel pada dinding yang dicat. Gunakan deterjen pembersih sebanyak satu liter air tambahkan cuka sebanyak satu teh cuka lalu gosoklah pada dinding yang terkena noda dan kotoran tadi.

4.Pengecekan rutin.

Lakukan pengecekan rutin pada area yang telah dicat supaya bisa diketahui apakah masih ada yang mengelupas dan tidak. Juga perlu diperhatikan titik-titik yang sering terkena sinar matahari karena area tersebut rentan terhadap pengelupasan terlebih jika menggunakan cat yang kurang baik kualitas catnya.

Untuk membantu masalah anda dalam pengecatan ini Thoyron Properti  menyediakan jasa pengecatan dengan harga yang kompetitif.

Ditulis Oleh: Usamah

sumber referensi :sejasa.com

Kuas Cat Dan Alat Tukkang 
(Gambar By https://pixabay.com)
Gambar-Gambar Kuas Cat By: https://pixabay.com/
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Hits: 0

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *