rumah

Rumah Memiliki Arti dan 2 Fungsi Penting

Read Time:3 Minute, 41 Second
Rumah Memiliki Arti dan 2 Fungsi Penting Thoyron.Com
Gambar oleh Pexels dari Pixabay

Rumah menurut wikipedia, adalah salah satu bangunan yang dijadikan tempat tinggal selama jangka waktu tertentu. Rumah bisa menjadi tempat tinggal manusia maupun hewan, tetapi untuk istilah tempat tinggal yang khusus bagi hewan adalah sangkar, sarang, atau kandang. Dalam arti khusus, mengacu pada konsep-konsep sosial-kemasyarakatan yang terjalin di dalam bangunan tempat tinggal, seperti keluarga, hidup, makan, tidur, beraktivitas, dan lain-lain.

Secara bahasa dalam kamus KBBI pengertian rumah adalah

  1. n bangunan untuk tempat tinggal    
  2. n bangunan pada umumnya (seperti gedung) 

Secara umumnya tempat inggal yang ditempati manusia adalah ada pembatas berupa atap dan dinding.Atap bisa terbuat dari genteng tanah,genteng alumunium atau seng.Rumah tradisional ada atapnya menggunakan ijuk.Dinding bisa terbuat dari batu,triplek ataupun bambu.Bentuk atap dan dinding tergantung dari daerah masing-masing. 

Komponen lainnya adalah pintu dan jendela.Pintu adalah akses jalan masuk bagi penghuni dan jendela adalah suatu jalan untuk udara masuk supaya terjadi sirkulasi udara dan cahaya secara baik.Lantai adalah komponen lain dari yang terbuat dari tanah,semen,ubin,keramik,marmer,papan dikampung masih banyak menggunakan papan sebagai lantai.

Unsur yang lainnya adanya sekat-sekat yang terbagi menjadi ruangan-ruangan sesuai dengan fungsi masing-masing.Seperti kamar tidur, kamar mandi/toilet (WC),ruang makan,ruang tamu, ,ruang keluarga,ruang doa,ruang kerja, ruang belajar, kebun, ruang olahraga, ruang cuci, ruang bermain,dapur,garasi, gudang, teras dan pekarangan,kolam renang, laboratorium,perpustakaan, taman bermain.Bagian-bagian diatas biasanya dimiliki oleh orang-orang yang mampu secara ekonomi.Adapun bagi yang tidak mampu secara ekonomi maka ruangan yang ada biasanya hanya kamar tidur,kamar mandi,dapur,pekarangan

Baca Juga :Cara Menyalakan Api Dalam Keadaan Darurat

Rumah memiliki berbagai model dan tipe desain yang beragam, selain model bentuk minimalis, terdapat juga beberapa model lain seperti model kontemporer, tradisional dan model modern. Selain memiliki beragam model saat ini juga memiliki ukuran baku, seperti tipe 21,tipe 27, tipe 36,  tipe 45, tipe 54,tipe 72,tipe 90 dan sebagainya.

Bagian-Bagian dan Fungsi Rumah

Konstruksi Rumah

Konstruksi bangunan yang bagus harus memperhatikan efisiensi pemakaian energi. Konstruksi hemat energi di Indonesia yang beriklim tropis tidak serumit konstruksi rumah di negara-negara yang beriklim subtropis, karena tidak ada perubahan musim yang ekstrem. Kebutuhan energi untuk pencahayaan, insulasi, ventilasi, pengaturan udara, dan lain-lain tidak sebesar rumah di negara-negara dengan empat musim. Efisiensi energi bisa dimaksimalkan dengan memakai pencahayaan alami di siang hari, tata letak lampu penerangan yang tepat, pemakaian lampu hemat energi, pemasanan ventilasi dan insulasi pada dinding, pemilihan atap yang tidak menyerap panas, dan pemakaian peralatan listrik yang hemat energi.

Dalam desain rumah hemat energi, termasuk didalamnya segala rancang bangunan yang ramah lingkungan, dengan meminimalkan penggunaan energi tidak terbarui dan mengoptimalkan pemanfaatan energi alami. Keterbatasan sumber daya alam membuat konstruksi hemat energi menjadi semakin relevan mulai dari sekarang.

Baca Juga :Tanaman-Tanaman Ini Bisa Mengusir Tikus-Tikus

Rumah Anti Gempa

Sesuai dengan UU No 28 Tahun 2002 Tentang Bangunan Gedung, setiap bangunan wajib memenuhi persyaratan keselamatan, salah satunya adalah perlindungan terhadap gempa. Hal ini perlu diperhatikan karena Indonesia terletak di sebelah tenggara Cincin Api Pasifik sehingga hampir semua wilayahnya mempunyai aktivitas seismik dan vulkanik tinggi. Data menunjukkan bahwa rata-rata setiap tahun terjadi sepuluh peristiwa gempa bumi yang mengakibatkan kerusakan yang cukup besar diIndonesia.

Prinsip utama bangunan tahan gempa ada pada denah yang simetris, pemilihan material yang ringan, dan sistem konstruksi penahan beban yang memadai. Kekenyalan struktur sangat ditekankan untuk mencegah keruntuhanbangunan. Gaya gempa hanya dapat ditahan oleh sistem struktur yang menerus (jalur lintasan gaya yang menerus) dari puncak bangunan sampai ke tanah.

Fungsi Rumah

Rumah dapat berfungsi sebagai tempat untuk:

  1. Mempersiapkan generasi selanjutnya dan melanjutkan perjuangan bagi keluarga untuk mendapatkan ridho ilahi (Fungsi Akhirat)
  2. menikmati kehidupan yang nyaman, tempat untuk beristirahat, tempat berkumpulnya keluarga, dan tempat untuk menunjukkan tingkat sosial dalam masyarakat. (Fungsi Dunia)

Aktivitas yang paling sering dilakukan di dalam rumah adalah makan,minum, beristirahat dan tidur. Selebihnya, rumah berfungsi sebagai tempat beraktivitas antara anggota keluarga atau teman, baik di dalam maupun di luar rumah pekarangan.

Apalagi sejak di Indonesia terjadi wabah  corona yang  diumumkan pemerintah maret 2020 silam rumah adalah jadi tempat teraman melindungi masyarakat dari wabah penyakit yang berasal  Tiongkok tersebut.Bahkan semua orang yang kerja di kantor dan pusat bisnis pemerintah memberlakukan aturan pegawai atau karyawannya untuk bekerja dirumah maka sekarang terkenal istilah wfh (work from home).

Rumah Memiliki Arti dan 2 Fungsi Penting Thoyron.Com
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Hits: 0

Artikel Terkait

0 thoughts on “Rumah Memiliki Arti dan 2 Fungsi Penting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *