5 Kota-Kota Tersepi Di Pulau Sumatera Indonesia

Kota Tersepi
Views: 83

Kota tersepi berdasarkan rumus kepadatan penduduk yaitu jumlah penduduk di bagi total luas wilayah.

Sebuah kota tentu identik dengan keramaian lalu lintas yang padat dan jumlah penduduk yang banyak namun ada beberapa wilayah yang berstatus kota otonom di pulau Sumatera namun kotanya menjadi kota tersepi penduduk bahkan salah satunya menjadi yang tersepi di Indonesia.

Nah kamu yang sudah pernah mengunjungi kota-kota tersepi di Sumatera ini kali ini kita akan bahas 5 kota paling sepi penduduk di pulau Sumatera.

Baca Juga:

15 Kabupaten Kota Termuda di Indonesia

Inilah kota tersepi penduduk di pulau Sumatera:

1.Kota Sungai Penuh Jambi

5 Kota-Kota Tersepi Di Pulau Sumatera Indonesia
Kantor Walikota Kota Sungai Penuh Foto:Indoplaces.Com

Kota ini sebenarnya baru saja dimekarkan dari Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi pada tahun 2009 lalu karena itu jumlah penduduk kota muda ini belum sebanyak kota-kota lainnya di Sumatera.

Total luas wilayah Kota Sungai Penuh saat ini ialah 391,5 km2 dan berdasarkan data BPS Jambi terbaru jumlah penduduk kota ini ialah sebanyak 97.770 jiwa cukup sedikit untuk ukuran luas wilayah Kota Sungai Penuh yang cukup luas.

Kepadatan penduduk di Kota Sungai Penuh hanyalah 250 jiwa per kilometer perseginya angka ini memang sudah cukup padat untuk sekelas kabupaten di Sumatera namun untuk sekelas kota jumlah ini masih sangat tergolong kota tersepi penduduk.

Dari total 8 kecamatan yang ada di Kota Sungai Penuh Kecamatan Kumun Debai merupakan kecamatan paling sepi penduduk yaitu hanya 72 sebuah per kilometer perseginya.

2.Kota Sawahlunto Sumatera Barat

5 Kota-Kota Tersepi Di Pulau Sumatera Indonesia
Gerbang Kota Sawahlunto Foto:skyscrapercity.com

Kota Sawahlunto di Sumatera Barat yang menjadi kota paling sepi nomer 4 di pulau Sumatera Kota yang kini menjadi salah satu tujuan wisata sejarah di Sumatera Barat ini memang memiliki jumlah penduduk yang sangat sedikit untuk ukuran sebuah kota.

Wilayah yang cukup luas dan masih banyaknya hutan di kota ini membuat Kota Sawahlunto menjadi sepi penduduk dari data BPS Sumbar terbaru luas wilayah kota ini mencapai 273,45 km².

Kota Sawahlunto menjadi satu-satunya kota yang mempunyai hutan produksi di Sumatera Barat dari total luas wilayah tersebut kota ini hanya dihuni oleh 65.687 jiwa penduduk.

Berdasarkan data BPS terbaru kepadatan penduduk di kota ini hanya 240 jiwa per kilometer perseginya persebaran penduduk di Kota Sawahlunto terbilang cukup merata di semua kecamatan yang ada.

Kecamatan Silungkang merupakan kecamatan paling padat penduduk di kota ini yaitu 348 jiwa per kilometer perseginya

3.Kota Pagar Alam Sumatera Selatan

5 Kota-Kota Tersepi Di Pulau Sumatera Indonesia
Pemandangan Alam Kota Pagaralam Foto: Lahat Pos

Kota Pagaralam di Provinsi Sumatera Selatan ini masih tergolong kota muda karena kota ini baru dibentuk pada tahun 2001 lalu sebagai Kota otonom memisahkan diri dari Kabupaten Lahat.

Kota Pagaralam merupakan kota dengan wilayah paling luas di Provinsi Sumatera Selatan namun dari keempat kota yang ada jumlah penduduk di Kota Pagaralam merupakan yang paling sedikit karena itu kota ini menjadi kota tersepi penduduk di Sumatera Selatan sekaligus menjadi kota paling sepi penduduk nomor 3 di pulau Sumatera.

Berdasarkan data BPS terbaru luas wilayah Kota Pagaralam mencapai 633,66 km2 dengan wilayah yang luas tersebut jumlah penduduk kota Pagar Alam hanya 145.266 jiwa dengan kata lain persebaran penduduk di kota ini hanya 229 jiwa per kilometer perseginya

4.Kota Dumai Riau

5 Kota-Kota Tersepi Di Pulau Sumatera Indonesia
Gerbang Tol Dumai Bagian Dari Jalan Tol Pekanbaru-Dumai . Foto Tribun Pekanbaru

Kota yang telah terhubung dengan jalan tol Trans Sumatera di provinsi Riau ini sebenarnya memiliki jumlah penduduk yang cukup banyak bahkan merupakan yang terbanyak dari kota-kota sebelumnya namun dikarenakan wilayah yang sangat luas kepadatan penduduk di kota ini sangatlah sedikit.

Luas Kota Dumai mencapai 1.727 km² sudah setara dengan luas Kabupaten.

Wilayah yang difungsikan untuk perkotaan hanyalah 173 km2 sementara sisanya merupakan area perkebunan dan hutan area perkebunan di Kota Dumai memang sangat luas terutama perkebunan kelapa sawit dan daerah yang memiliki area perkebunan terluas ialah Kecamatan Sungai Sembilang.

Dari data BPS Kota Dumai terbaru jumlah penduduk di kota ini mencapai 323.452 jiwa dengan kepadatan penduduk hanya 187 jiwa per kilometer perseginya

5.Kota Subulussalam Nangroe Aceh Darussalam

5 Kota-Kota Tersepi Di Pulau Sumatera Indonesia
Kantor Walikota Kota Subulussalam Foto : Kompas.Com

Kota paling sepi penduduk di pulau Sumatera adalah kota Subulussalam kota yang berada di selatan Provinsi Nangroe Aceh Darussalam ini memiliki jumlah penduduk yang sedikit dengan wilayah yang cukup luas.

Data BPS Kota Subulussalam terbaru jumlah penduduk di kota yang berbatasan langsung dengan provinsi Sumatera Utara ini hanya 93.710 jiwa sangat sedikit untuk ukuran sebuah kota yang luas wilayahnya mencapai 1391 km² kepadatan penduduk di kota ini hanya 67 jiwa per kilometer perseginya.

Kota Subulussalam hasil pemekaran dari Kabupaten Aceh Singkil ini menjadi kota paling sepi nomor satu di pulau Sumatera sekaligus nomor 1 di Indonesia.

Sumber: Sumaterapedia dan Wikipedia

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Avatar

Uskhal

Uskhal adalah Pemilik dan Penulis di website Thoyron.Com.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *