Membangun Rumah

Membangun Rumah Dengan Dana Terbatas?Coba Cara Ini

Read Time:3 Minute, 48 Second

Membangun rumah idaman dan ideal memang akan menjadi impian setiap orang karena segala ide akan bisa terealisasi secara utuh dalam wujud bangunan rumah. Rumah IdamanĀ  setiap orang tentu akan berbeda-beda tergantung dari latar belakang, pendidikan, suku, agama dan lain-lain.

Namun setiap impian tentu bagi sebagian orang akan sulit terwujud karena kendala ekonomi karena membangun rumah idaman tidak sesederhana impian itu sendiri ketika akan diwujudkan secara nyata. Seperti letak rumah yang strategis, luas tanah dan bangunan yang luas, fasilitas-fasilitas penunjang di sekitar rumah yang dekat kemana-mana seperti fasilitas umum dan fasilitas sosial, sarana dan prasarana dan sebagainya.

Jadi yang paling penting adalah ketika anda ingin membangun rumah dengan dana yang cukup maka segera wujudkan membangun rumah walaupun jauh dari ideal dan idaman. Sebaiknya membangun rumah sesuai kebutuhan bukan keinginan.!

Baca Juga: 5 Persiapan Sebelum Renovasi Rumah

Baca Juga : 4 Kelengkapan Surat Rumah/Tanah Yang Wajib Dimiliki

Langkah membangun rumah dengan anggaran minimal:

1.Membeli Tanah 

Dalam membeli tanah sebaiknya dipertimbangkan lokasi  yang sudah memiliki sarana dasar seperti sudah tersedia air bersih , jaringan listrik PLN yang “siap pakai” ,akses jalan mudah dijangkau.

Sebagai ilustrasi : membeli tanah di dekat gunung yang jauh dari perkampungan penduduk memang sangat murah namun selanjutnya anda akan membangun fasilitas dasar tersebut terlebih dahulu .Bisa dibayangkan berapa anggaran yang akan digelontorkan untuk membangun fasilitas dasar tersebut. Sehingga jatuhnya harga tanah jauh lebih tinggi dibandingkan ketika membeli tanah dimana lokasi tersebut telah tersedia kebutuhan dasar perumahan tentu anda hanya akan fokus kepada pembangunan fisik rumah anda. Jikapun ada anggaran untuk kebutuhan sarana dasar mungkin tidak terlalu besar karena hanya melengkapi saja misalnya membuat sambungan pipa atau menyambung kabel listrik dari tiang utama PLN.

2. Rencanakan Bangun Rumah Dengan Gaya/Model Minimalis.

Ketika anggaran tidak tercukupi untuk membangun rumah maka pilihannya adalah merencanakan gaya rumah idaman anda dengan gaya yang minimalis. Karena semakin luas dan rumit sebuah bangunan yang akan dibangun maka tentu semakin tinggi dan besar biaya yang dianggarkan. Satu ruangan yang dihemat maka sangat mempengaruhi biaya akhir proyek yang akan dikerjakan.

Pengertian minimalis adalah metode merancang yang secara estetika dan fungsionalitasnya terpenuhi dengan elemen yang paling mendasar dan esensial.

Jangan membuat desain rumah  yang sulit dan rumit seperti membuat lengkungan, membuat bentuk segitiga, apalagi bentuk trapesium dan lainnya yang sangat membutuhkan perhitungan panjang dan rumit.Bentuk lantai Yang persegi atau persegi panjang cukup memotong ongkos anggaran desainnya.

3. Membuat catatan untuk  ruangan-ruangan  apa saja yang akan dibangun lalu tentukan target pengerjaannya. Setelah itu membuat survei tentang perkiraan jasa kontraktor bangunan yang terbaru lalu mulai menetapkan rencana yang realistis.

Baca Juga: 8 Faktor Harga Rumah Naik Ketika Akan Dijual

Baca Juga: 9 Kayu-Kayu Asli Nusantara Untuk Proyek Bangunan

4.Berkonsultasilah berkaitan dengan model rumah dan anggaran yang tersedia yang anda miliki dengan kontraktor yang anda bisa  percayai. Kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya  lalu buat perbandingan antara kontraktor yang satu dengan yang lainnya  supaya ada bahan perbandingan yang bisa dipilih sehingga bisa membangun sesuai rumah idaman yang sesuai anggaran.Salah satu kontraktor yang bisa diperhitungkan klik disini

5. Membeli material bangunan sendiri.

Salah satu cara supaya biaya pembangunan tidak membengkak ialah dengan membeli bahan bangunan sendiri.

Cuma cara ini sangat merepotkan bagi orang yang tidak memiliki waktu yang cukup. Namun setiap pilihan tentunya memiliki konsekuensi sendiri.

Mulailah mengecek harga di situs-situs internet  yang menjual material bangunan juga mengecek harga-harga bangunan di sekitar lokasi bangunan sehingga bisa didapatkan harga yang sesuai dengan anggaran yang tersedia.

6. Membuat konsep open floor

Dengan membuat ruangan terbuka ini cukup membantu penghematan anggaran pembangunan proyek anda karena dengan adanya sekat-sekat ruangan tentu menambah material bangunan yang dibeli. Sebaiknya Ada juga ruangan yang dibuat tertutup untuk menjaga privasi dan keamanan seperti kamar orang tua dan anak perempuan.

7. Hindari finishing Berlebihan

Dalam membangun rumah ,finishinglah salah satu pekerjaan yang rumit dan lama untuk itu hindari finishing yang akan menambah bengkak anggaran anda. Karena yang terpenting adalah ruangan yang pokok dan yang dibutuhkan sudah bisa dibangun.

8.Membangun Secara Berangsur-angsur.

Membangun rumah secara bertahap tentu cara terbaik ketika dana yang tersedia tidak mencukupi membangun sekaligus. Bisa dimulai membuat bangunan yang lebih diperlukan ruang tidur, kamar mandi dapur , dan ruang tengah.

9. Membeli material bangunan yang berkualitas.

Bahan material bangunan yang berkualitas membantu penghematan untuk jangka panjang karena bahan yang bermutu yang terjamin kualitasnya tentu akan bertahan lama sehingga tidak perlu mengganti atau memperbaharui dalam waktu yang dekat. Ketika toko bahan bangunan menawarkan barangnya dengan diskon yang menggiurkan sebaiknya jangan tergoda karena boleh jadi secara kualitas tidak bagus.

Sumber : sejasa.com

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Hits: 2

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *