Aplikasi Whatsapp

Tips Supaya Aplikasi WhatsApp Tidak Lemot

Read Time:3 Minute, 44 Second

Aplikasi WhatsApp adalah sebuah aplikasi dari perusahaan dibawah naungan Facebook Grup , hasil dari akuisisi pada Oktober 2014 silam dibeli seharga 19 miliar dolar AS . Akuisisi ini mendorong Koum dan pendiri WhatsApp lainnya, Brian Acton, untuk bekerja di bawah Facebook Grup.

Sebagai sebuah aplikasi perpesanan (Messenger) masa kini sudah pasti banyak  yang menggunakannya. Dengan penampilannya yang “eye chatching” , simpel dan compatible hampir untuk semua merek smartphone membuat WhatsApp paling banyak untuk diunduh. Tidak heran yang menggunduhnya lebih dari 1 Milyar lebih diseluruh dunia.

Boleh jadi banyak yang menggunakan aplikasi tersebut karena WhatsApp sangat praktis dan untuk pendaftaran hanya membutuhkan akses berupa nomor telepon saja agar bisa digunakan. Yang terpenting menyiapkan paket data setiap harinya. Tak hanya itu, aplikasi tersebut tidak hanya bisa dioperasikan melalui smartphone saja, melainkan juga bisa menggunakan laptop/PC, sehingga Anda akan lebih leluasa dalam mengatur produk.

Selain karena alasan sudah banyak yang menggunakan aplikasi tersebut, WhatsApp marketing bisa menjadi sarana yang fresh untuk Anda memulai usaha.

Dengan potensi yang dimiliki aplikasi Whatsapp, seharusnya menjadi pilihan utama dalam memasarkan produk-produk kita di jagat maya alias internet ini, untuk itu diperlukan banyak database – database berupa nomor Whatsapp target market kita.

Namun Beberapa orang beralasan tidak mau menjalankan Whatsapp Marketing karena katanya bikin smartphone lemot. 

Sebenarnya aplikasi Whatsapp tidak terlalu berat atau memakan memori smartphone, asalkan paham cara penggunaannya dan cara mengelolanya.

Sempat beredar di broadcast message atau juga di sosial media lainnya bahwa menjaga WA tetap ringan dengan membuat statistiknya menjadi nol, padahal bukan begitu caranya. 

Nah kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa tips sederhana agar smartphone Anda tetap lancar saat menggunakan Whatsapp Marketing.

Baca Juga: 7 Bisnis Online Untuk Pebisnis Pemula

Tips Supaya Aplikasi WhatsApp Tidak Lemot

1. Gunakanlah smartphone dengan spesifikasi RAM minimal 2 GB dan ROM 16 GB.

Tidak perlu terlalu besar RAMnya, cukup RAM 2 GB saja sudah bisa lancar jaya walaupun sebenarnya dengan spek yang lebih tinggi akan jauh lebih baik.

Smatphone dengan Memori 2 GB ini gak terlalu mahal  dengan anggaran 1 jutaan rupiah saja sudah bisa memilikinya. Boleh sesuaikan dengan merk yang Anda suka.

Untuk anda yang menggunakan smartphone dengan spesifikasi 2 GB sanggup menyimpan sekitar 3.000 database kontak WhatsApp. Sedangkan yang 3 GB bisa sampai 5.000, 4 GB bisa sampai sekitar 10.000 kontak database

2.Simpan Kontak Telpon atau Kontak WA di Google Kontak.

Smartphone bisa lemot, jika menyimpannya di memori internal Handphone tersebut.

Namun dengan menyimpan data kontak di Google Kontak maka berapa ribu pun kontak yang kita punya tidak menjadi beban yang terlalu berat bagi ponsel.  Walaupun tetap membebani saat aplikasi WhatsApp dijalankan tapi tidak akan seberat jika kontak anda simpan di telepon.

Selain itu kelebihan memakai Google Kontak adalah walaupun berganti – ganti smarphone, kontak tetap aman asal login memakai akun Google yang sama.

3. Ubah setingan aplikasi Whatsapp, agar tidak save otomatis Gambar atau Video.

Jadi yang harus diperhatikan, karena biasanya setingan Whatsapp default (bawaan pabrik) itu mengakibatkan semua gambar yang masuk ke pesan WA kita baik chat pribadi atau grup otomatis tersimpan.

Ini yang mengakibatkan memori smartphone cepat terkuras. Settinglah agar tidak menyimpan gambar/video otomatis. Jadi hanya gambar/video yang kita pilihlah yang akan tersimpan.

Baca Juga: 9 Keunggulan Aplikasi Telegram : Ringan, Cepat Dan Aman

Caranya bagaima?

Silahkan anda ke menu WhatsApp yang ada di pojok kanan atas berupa titik 3, lanjut pilih Setelan dan lanjutkan memilih Opsi “ data data Penyimpanan”.

Kemudian anda tinggal set di bagian Unduh Media Otomatis  menjadi Tidak ada Media

Seperti di gambar berikut:

Jika ada pesan yang dianggap penting  gunakan fitur pesan berbintang agar tidak ikut terhapus sewaktu kita membersihkan chat lama.

Ini sangat ampuh membuat memori Anda terjaga dan HP tetap berjalan normal.

Sehingga tidak masalah punya puluhan grup aktif yang penting sering menghapus chat lama 

4. Hapus Chat lama, baik di Grup atau pun di pesan Pribadi

Kebiasaan membiarkan chat lama menumpuk bisa menyebabkan memori Anda berkurang, hapuslah chat baik yang di grup mau pun pesan pribadi yang sudah lama, yang tidak ada Anda gunakan lagi.

Kalau masih belum memahaminya, butuh gambar dan screen shoot cara pemakaiannya mudah saja  cukup ikut kelas online dari Muslim Entrepreneur University WhatsApp Secret Mastery  ya. InsyaAllahl ebih detil dibahas ya.

5. Ketika Broadcast, jangan ada aplikasi lain yang aktif kecuali Whatsapp.

Broadcast ke ribuan orang, terkadang bisa membuat smartphone anda slow respon untuk itu aplikasi-aplikasi lain ditutup ketika menyebar pesan siaran (broadcast).

Demikian tips singkat semoga bermanfaat!

Ditulis Oleh: Usamah Khalid (email:uskhal@thoyron.com)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *