Kegunaan MSG Dan Apakah Bahaya Bagi Manusia?

MSG
Views: 22


MSG singkatan dari monosodium glutamat alias mecin ini sebagai salah satu bahan penguat rasa yang dipakai ketika memasak. Yang terbiasa memakai penguat rasa gurih ini nl, tidak mau tidak menggunakan MSG ini

Monosodium glutamat adalah bahan yang mengandung sodium (alias natrium), glutamat dan air. Ketiga bahan tersebut adalah zat gizi. Di sana ada kata sodium, nah sodium ini sama saja dengan natrium. Dan natrium ada di Garam jadi garam itu (NaCl) alias natrium klorida nah mecin ini natrium glutamat.

Baca Juga:

Tips Sederhana Dunia Dapur Untuk Para Ibu

Glutamat ini asam amino non-esensial. Dia bisa diproduksi dalam tubuh, Peran nya dalam tubuh adalah untuk metabolisme fungsi otak dan otot.

Jadi di tubuh manusia itu ada 20% protein. 20% dari protein tersebut adalah kandungan glutamat. Tidak cuma di dalam tubuh tapi kandungan glutamat ini bisa didapatkan di ikan, sayur, buah dan bahkan ASI

MSG ini terbuat dari tebu, ekstraksi lobak, singkong dan gandum.

Manfaat MSG

-Kandungan sodium di 5 gram garam setara 2000 mg mecin atau MSG, sementara 5 gram MSG sodiumnya hanya 600 mg. Makanya, penggunaan mecin ini baik untuk menggantikan garam bagi penderita hipertensi karena sodiumnya lebih kecil. Ditambah lagi, glutamat itu bikin gurih. Gurih itu menguatkan rasa, jadi lebih enak. Mecin bisa dijadikan bahan untuk penambah nafsu makan.

-Selain itu manfaat MSG dapat meningkatkan cairan ludah jadi gampang menelan (Schiffman S and Miletic I, 1999; Hodsom N and Linden R, 2006) dan meningkatkan cairan lambung (Vasilevskaia L, et. Al 1993), Jadi makanan bisa lebih sempurna dicerna dan buat yang ada masalah lambung aman mengkonsumsi mecin

Dosis MSG

U.S Food and Drug Administration (USDFA), dianjurkannya kita konsumsi mecin itu 1,5 gram perhari.

Fungsi Mecin Dalam Tubuh Manusia

Natriumnya kerja sebagaimana garam pada natrium, sementara glutamat bekerja sebagaimana glutamat dalam tubuh bekerja. Seperti dijelaskan diatas, glutamat berfungsi dalam proses metabolisme.

Penggunaan Mecin Di luar negeri

Amerika menggunakan 12,0 gram glutamat perhari (11 gram dari makanan; 1,0 gram dari mecin). Jepang menggunakan 15,9 gram glutamat perhari (14 gram dari makanan; 1,9 gram dari mecin).

Kajian Keamanan Glutamat dilakukan oleh 4 badan, diantaranya;
FAO dan WHO, European Food Safety and Authority, National Academy of Sciences dan USDFA.

Peraturan di Indonesia

Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor: 722/ Menkes/ Per/ IX/ 88 Tgl. 20/09/1988 tentang Bahan Tambahan Makanan (BTP): “MSG adalah BTP penguat rasa yang diizinkan dengan batas maksimum ‘secukupnya’ (sewajarnya sesuai dengan tujuan penggunaannya)
Berarti sama seperti gram dan gula, sewajarnya :

Jadi mengkonsumsi Mecin aman.Yang tidak aman itu kalau berlebihan

Jangankan mecin kalau kelebihan pasti badan tidak enak dan mual, garam contohnya. Kalo makan banyak garam pasti pusing! Itu karena tekanan darah naik.

Sama seperti kebanyakan karbohidrat di pagi hari, pasti ngantuk. Maka nya, sarapan tuh roti aja jangan nasi uduk !!!…

Glutamat aman buat orang sakit karena infusan komposisinya ada L-glutamic acid.

Pondok Bumbu dan Rempah

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Avatar

Uskhal

Uskhal adalah Pemilik dan Penulis di website Thoyron.Com.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.