Aplikasi Telegram

9 Keunggulan Aplikasi Telegram:Ringan, Cepat Dan Aman

Read Time:4 Minute, 44 Second

Aplikasi Telegram dan Whatsapp adalah dua aplikasi chatting yang populer pada saat ini. Sebenarnya masih banyak aplikasi chatting lain kalau kita lihat di Google Play Store seperti WeChat, LINE, Kakao Talk dan lain-lain belum lagi aplikasi chatting lokal yang Indonesia.

Namun yang populer saat ini di Indonesia khususnya aplikasi chatting adalah Telegram dan Whatsapp. Apalagi aplikasi chatting WhatsApp sudah sangat populer di semua kalangan baik masyarakat bawah atau kalangan atas , rakyat jelata sampai pejabat tinggi. Sedangkan aplikasi chatting Telegram memang kalah populer dengan aplikasi chatting WhatsApp. Namun Aplikasi Telegram sangat populer dikalangan tertentu khususnya pebisnis online karena fitur-fiturnya sangat menunjang untuk digunakan sebagai penunjang bisnis online.

Telegram sebuah aplikasi dengan logo pesawat kertas berwarna putih yang berlatar belakang warna biru dibuat oleh Nikolai dan Pavel Durov dua orang yang bersaudara asal Rusia yang bersama-sama membuat aplikasi sederhana tapi terlihat modern.

Mereka berhasil membuat aplikasi Telegram. Nikolai sebagai developer yang membuat protokol MTProto sebagai sistem inti Telegram dan Pavel sebagai pemberi fasilitasi mengembangkan aplikasi Telegram. Lahirnya aplikasi ini karena keprihatinan mereka terhadap aplikasi Whatsapp dimana privasi pengguna Whatsapp tidak dipentingkan secara serius dan tidak adanya izin untuk mengirim dokumen.

Aplikasi Telegram diperkenalkan untuk pemgguna iOS dirilis pada 14 Agustus 2013 untuk penikmat Sistem Android diluncurkan pada 20 Oktober 2013.

Baca Juga: 7 Bisnis Online Untuk Pebisnis Pemula

Pada bulan Oktober tersebut untuk Android, Telegram berhasil memiliki sekitar 100.000 pengguna aktif. Yang mendownload Telegram semakin bertambah  menyentuh angka 15 juta pada  Maret 2014. Pada akhir tahun 2014, aplikasi tersebut telah mendapatkan penggangka 50 juta pengguna aktif.

Di bulan Februari 2015, pengguna aktif Telegram sudah mencapai angka 100 juta.

Pada 13 Oktober 2020 ini telegram sudah diunduh seluruh dunia sebanyak  500.000.000 juta kali

Banyaknya pengguna Telegram ini disebabkan oleh aplikasi yang ringan sehingga tidak memerlukan banyak memori yang terpakai.

9 Keunggulan Aplikasi Telegram dibandingkan WhatsApp:

9 Keunggulan Aplikasi Telegram:Ringan, Cepat Dan Aman Thoyron.Com
Tampilan Aplikasi Telegram Di Google Play Store

1.Cepat dan Ringan

Dibandingkan dengan WhatsApp, ternyata Telegram tampak lebih cepat, ringan, dan responsif.  Memori smartphone kita tidak banyak dimakan oleh data yang masuk. Bahkan kita tidak perlu mencadangkan data kita seperti pada Whatsapp. Kapanpun kita bisa uninstall Telegram tanpa kehilangan data yang sudah diposting. Sementara pada Whatsapp ketika kita uninstall dan belum dicadangkan maka data bisa hilang semua.

Telegram adalah sistem perpesanan paling tepercaya yang pernah dibuat. Ia bekerja bahkan pada koneksi seluler terlemah sekalipun

2.Fokus Penyampaian Materi

Di Telegram ada fitur Channel dimana ketika kita mau sharing tulisan akan lebih fokus karena bersifat searah tidak terganggu oleh chatting pembaca. Bagi pembacapun juga bisa lebih fokus membaca tulisan dari artikel penulis atau pemateri.

3. Menampung Banyak Anggota Grup

Grup telegram bisa menampung anggota hingga 200.000 orang sementara grup WhatsApp cuma bisa menampung 257 orang. 

Untuk grup di Telegram terbagi dua macam Grup dan Super Grup. Kebayangkan kalo kita punya anggota grup lebih dari 257 lalu dikumpulkan di Whatsapp Grup, tentu dibutuhkan lebih satu Whatsapp Grup.? 

Baca Juga: 9 Cara Menang Dalam Persaingan Bisnis

4.Kirim File Lebih Banyak dan Lebih Beragam.

Aplikasi Telegram bisa kirim file lebih banyak tipe file dan jumlahnya daripada Whatsapp. Sampai artikel ini ditulis Whatsapp cuma bisa kirim file: gambar, video, audio, kontak person, dan lokasi. Sementara aplikasi Telegram, selain file-file yang bisa pada Whatsapp, juga bisa kirim file-file lain, seperti zip, rar, pdf, lain-lain bisa mengirim sampai 2 GB.!

5. Bisa online diberbagai media dan divice.

Telegram terdapat di berbagai jenis media  dan divice : seperti Web, Android, iOS, Windows, Linux, Mac, Symbian yang menggunakan sistem awan ( cloud) maka semuanya tersinkronisasi satu dengan yang lain.

Sehingga bagi pebisnis online sangat bermanfaat sekali karena bisa dibuka tidak hanya 1(satu) saja device dalam beraktifitas. Misal, buka Telegram di iPhone, di Android, di Tab, dan di Mac, bisa sama.

6. Banyak pilihan stiker sehingga lebih atraktif.

Penggunaan stiker di aplikasi Telegram lebih dahulu daripada Whatsapp dan banyak pilihan stiker yang cantik dan menarik serta lebih atraktif bisa bergerak kesana-kemari.

7.Keamanan  lebih unggul daripada Whatsapp.

Semua yang ada di Telegram, termasuk obrolan, grup, media, dll. Dienkripsi menggunakan kombinasi enkripsi AES simetris 256-bit, enkripsi RSA 2048-bit, dan pertukaran kunci Diffie-Hellman yang aman.

Salah satu fitur “teraman” d Telegram adalah adanya fitur Secret Chat konon enkripsi lebih aman 

Sementara percakapan di Whatsapp bisa dijadikan data berharga oleh induk perusahaan Whatsapp yaitu Facebook untuk keperluan FB Ads (Facebook Advertising) sedangkan  Di Telegram tidak seperti itu.

8. Terlambat masuk grup, masih bisa melihat chat pertama.

Ini Keunggulan Telegram lainnya ketika kita terlambat masuk suatu grup yang akan kita ikuti maka kita bisa scrolling ke atas untuk melihat materi atau chat yang dibahas sebelum kita masuk grup . Sementara di Whatsapp tidak bisa seperti itu , admin harus posting ulang lagi materi yang sudah dishare sehingga ini cukup mengganggu anggota yang terlebih dahulu masuk grup karena dia harus melihat pesan yang sama secara berulang-ulang.

Baca Juga: 8 Kesalahan Pebisnis Pemula Ketika Mengelola Keuangan

9. Memiliki Fitur BOT Unik

BOT merupakan sebuah program komputer yang dapat  melakukan pekerjaan tertentu secara otomatis setelah dibuatkan instruksi-instruksi tertentu. Penjelasan lengkap tentang BOT Telegram baca disini

Dengan adanya BOT  akan menambah fungsi massengger  tidak  hanya mengatur chatting saja tapi memiliki fungsi lebih luas lagi. BOT Telegram untuk tugas-tugas tertentu. Ini adalah alat yang sempurna untuk menempatkan komunitas secara online dan mengkoordinasikan kerja tim.

Telegram bot mampu dan bisa memberikan  layanan-layanan yang berguna bagi masyarakat seperti peringatan atau pemberitahuan tentang ramalan cuaca, info terkait kenaikan atau penurunan harga suatu barang tertentu, pengiriman barang, membuat informasi tentang dunia pendidikan, bisa membuat penerjemahan dan lain-lain.

9 Keunggulan Aplikasi Telegram:Ringan, Cepat Dan Aman Thoyron.Com
Informasi Aplikasi Telegram

Ditulis Oleh Usamah (email:uskhal@thoyron.com)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *