Cara Menang Dalam Persaingan Bisnis

9 Cara Menang Dalam Persaingan Bisnis

Read Time:2 Minute, 56 Second

Cara menang dalam persaingan bisnis harus dimiliki para  pebisnis untuk menjalankan usahanya apalagi bisnis itu sudah besar.Karena berbisnis itu sangatlah tidak mudah, sebagai enterpreneur anda harus mempertimbangkan usaha yang sedang ataupun akan anda rintis.

Mulai dari mental, modal, dan ide harus anda persiapkan. Jangan sampai anda pada saat di tengah jalan ide untuk mengembangkan usaha anda habis atau pun karena beratnya persaingan karena kalau anda tidak sungguh menjalankan usaha anda sendiri,bisa bisa menyebabkan usaha anda bangkrut dan mengalami kerugian.

Cara Menang Dalam  Persaingan Bisnis :

1. Amati dan pelajari saingan usaha anda

Nah yang pertama yang harus dilakukan adalah dengan mengamati perilaku pesaing/kompetitor usaha anda. Anda harus mempelajari apa saja yang membuat produk mereka diminati banyak masyarakat. Anda juga harus mempelajari kapan mereka ramai atau sepi dikunjungi konsumen. Hal ini akan menjadi strategi usaha yang bisa anda lakukan.

2. Pahami Karakteristik usaha anda

Langkah yang kedua yaitu anda harus mengerti dan memahami karakter usaha anda. Mengapa? karena ini bertujuan agar anda dapat mencapai target pasar.Dan ingat, lakukanlah prinsip ekonomi yaitu mengeluarken modal kecil untuk mendapatkan untung sebesar-besarnya.

Baca Juga: 7 Bisnis Online Untuk Pebisnis Pemula

3. Amati, tiru, dan perbaharui

Cobalah untuk mengamati perilaku pesaing, tirulah cara tersebut, dan modifikasi untuk usaha anda. Cara menang dalam  persaingan bisnis dengan cara ini sudah banyak dilakukan untuk mengembangkan usaha. Hal ini biasa dilakukan bagi pemain baru.

4. Mencari mitra usaha yang tepat.

Mitra usaha berguna untuk menanam modal di usaha kita atau dengan kata lain menjalin kerjasama dengan perusahaan yang berkaitan dengan anda,anda juga bisa menekan biaya iklan produk usaha anda.

5. Memberikan potongan harga atau diskon

Tujuanya untuk menarik minat masyarakat,cara ini juga menjadi cara yang ampuh untuk meningkatkan penjualan yang biasa kita terapkan di event atau di hari-hari tertentu.

6. Keramahan dalam komunikasi ke konsumen

Pelayanan merupakan salah satu cara yang bisa membuat orang senang,mengapa? karena di kehidupan manusia orang yang berperilaku baik kepada orang lain itu disenangi, begitupun sebuah perusahaan ke konsumen nya. Hal ini bisa memberi kepuasan terhadap konsumen.

Baca Juga: 8 Kesalahan Pebisnis Pemula Dalam Mengelola Keuangan

7. Jujur

Mengapa harus jujur? Karena ini adalah hal yang paling penting dalam segala sesuatu. Jangan sampai karena hanya untuk keuntungan semata anda membohongi konsumen anda,yang lambat laun pasti terbongkar dan mungkin kebangkrutan usaha anda pun juga pasti. Jadi usahakan menjadi pribadi yang jujur,karena untuk mendapat kepercayaan orang lain itu tidak gampang,dan jujurlah yang menjadi sifat orang percaya kepada anda dan usaha yang anda rintis.

8. Mengutamakan dan Meningkatkan Kualitas Produk.

Menjaga dan meningkatkan kualitas produk adalah salah satu cara menang dalam  persaingan bisnis menghadapi pesaing-pesaing anda dibandingkan dengan mencari banyak keuntungan dalam sebuah usaha. Hal ini karena keuntungan akan meningkat jika kualitas dari produk tersebut juga meningkat.

9. Evaluasi

Evaluasi digunakan untuk melihat kekurangan maupun kelebihan dari sebuah usaha setelah melakukan beberapa inovasi dan mengetahui aspek mana saja yang harus diperbaiki. Dengan demikian akan menarik pelanggan untuk memilih dan berlangganan produk yang ditawarkan.

Demikianlah beberapa cara menang dalam  persaingan bisnis yang biasa dilakukan oleh pengusaha sukses. Cara-cara tersebut bisa diterapkan untuk pebisnis baru maupun yang sudah lama terjun dalam dunia bisnis.

Cara menang dalam  persaingan bisnis dalam artikel diatas mungkin berbeda setiap orang karena itu tergantung dari pengalaman pemilik bisnis itu  dan juga jenis usahanya yang berbeda karakteristik antara satu usaha dengan usaha lain.  Namun cara-cara tersebut diatas adalah hal yang bersifat umum yang terjadi dalam setiap bisnis.

9 Cara Menang Dalam Persaingan Bisnis Thoyron.Com

Sumber: Telegram Muslim Entrepreneur University

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *