8 Cara Membasmi Rayap Di Rumah

Rayap
Views: 65

Rayap salah satu hewan yang ketika musim hujan datang biasanya menjadi pertanda akan datangnya hewan-hewan liar disekitar rumah untuk numpang “berteduh” dan mencari lokasi-lokasi hangat di rumah.

Rayap bisa makan sepanjang hari, memakan kayu di rumah Anda. Walaupun demikian rayap adalah pemakan yang lelet. Oleh karena itu ketika rayap sedang “menggerogoti” rumah secara perlahan maka cepatlah usir binatang tersebut dari rumah anda.

Rayap adalah salah satu makhluk Allah juga dimana manusia mau atau tidak mau harus berdampingan dengannya walaupun dianggap “musuh bebuyutan” bagi pemilik rumah, karena dianggap mengancam barang-barang pemilik rumah seperti kusen jendela, pintu, furnitur-furnitur : kursi,meja dan lain-lain yang terbuat dari kayu

Baca Juga:

Dengan ukuran tubuhnya yang kecil, memang rayap mampu memakan dan merusak setiap barang dan bagian tertentu rumah yang terbuat dari kayu.

Oleh karena itu sebelum makhluk bersayap itu datang dan menyerang rumah anda penting untuk mengetahui langkah-langkah yang harus dilakukan untuk menghindari rumah dari serbuan makhluk itu.

Cara membasmi dan menghilangkan rayap:

1. Hindari Kelembapan Dalam Rumah

Binatang ini sangat menyukai kelembapan shingga menyingkirkan kelembapan berlebih di rumah Anda akan membantu mencegah hewan kecil itu datang. Gunakan alat dehumidifier yang dapat membantu anda untuk mencegah kelembaban dirumah

Ketika pada musim kemarau/panas, anda bisa menggunakan AC secara berkala untuk siang hari supaya suhu sejuk terjaga juga dapat menghindari kelembapan yang berlebih-lebihan dari udara di dalam ruangan.

2. Segera  Perbaiki Kebocoran

Cek kebocoran lalu segera perbaiki rumah Anda. Sepert mengecek atap dan dinding. Atap yang rusak karena hujan dan dinding yang lembap biasanya menyebabkan datangnya tamu yang tak diundang tersebut.

Juga segera perbaiki dan tutup kebocoran sudut-sudut kotor dan bagian rumah yang jarang dibersihkan.Terutama sudut yang lokasinya dekat dengan tanah. Karena itu akan lebih cepat mengundangnua datang ke dalam rumah.

3. Rapikan Barang Berbahan Kayu dan kertas

Rapikan setiap barang berbahan dasar kayu, seperti kursi-kursu, lukisan, meja-meja kayu, dan sebagainya. 

Termasuk barang-barang berbahan dasar kertas seperti buku di tempat yang aman, sejuk dan tidak lembap.

Kalau anda penghobi buku dan  memiliki banyak koleksi-koleksi buku, maka siapkan lemari buku dan tempatkan buku-buku itu seperti di ruang tamu atau ruangan  yang terbuka.

4. Menjaga jarak aman Antara Tanah dan Kayu

Kalau memiliki taman maka pastikan agar jarak taman dengan barang berbahan kayu berada kurang lebih 8 inci misalnya jarak taman rumah dan gazebo.

In sya Allah dengan jarak tersebut, kecil kemungkinan ia bisa menjangkau barang berbahan baku kayu.

Pakailah batu atau semen untuk memisahkan tanah dari area kayu terutama di teras, taman, dan yang lainnya gunanya sebagai pembatas bagi rayap.

5. Pakailah Borate

Borate adalah bahan pengusir rayap yang paling banyak dicari. Semprotkan borate pada kayu sebelum melakukan pengecatan.

Borate ini dapat meresap ke dalam kayu dan mencegah rayap. Setelah semprotan rayap ini mengering, Anda dapat melapisi dan mengecatnya secara normal.

Borate ini bisa disemprotkan ke furnitur-furnitur anda seperti meja, kursi,  kusen jendela, pintu dan lain-lainnya

6.Jemur barang terkena rayap 

Kalo menemukannya merusak furnitur-furnitur jemurlah di bawah sinar matahari langsung minimal 3 hari secara berturut-turut.

Cara ini bisa mencapai hasil maksimal ketika pada musim panas karena rayap “takut” alias tidak tahan panas khususnya panas matahari

7.Bisa juga menggunakan puntung rokok. Rendamlah 10 batang puntung rokok ke dalam dua gelas air dan 1/2 sendok makan garam.  Larutkan  itu semalaman. 

Setelah itu, saring larutan tersebut kemudian masukkan cairan itu dalam alat penyemprot.Lalu semprotkan pada bagian kayu yang terserang rayap.

8.Jika perlu pakailah bahan kimia termisida. Semprotkan ke sarang dan kayu-kayu yang sudah terserang rayap. Bahan kimia ini sangat ampuh, tetapi juga berpotensi merugikan kesehatan Anda. Cara ini sebaiknya dipakai terakhir karena dampak penggunaan bahan kimia yang berlebih-lebihan juga tidak baik untuk lingkungan hidup yang bisa memutuskan mata rantai makanan bagi makhluk hidup.

Sumber Referensi: Kompas

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Avatar

Uskhal

Uskhal adalah Pemilik dan Penulis di website Thoyron.Com.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *