4 Cara Membersihkan Rumah Tanpa Jasa Asisten Rumah Tangga atau Jasa Pembersih Rumah

Cara Membersihkan Rumah
Views: 69

Cara membersihkan rumah untuk setiap orang akan berbeda-beda tergantung dari gaya dan cara hidup seseorang. Orang yang tidak punya banyak kesibukan seperti bisnis dan bekerja dia punya banyak waktu untuk bisa membersihkan sendiri dan merapikan rumahnya.

Namun bagi yang sibuk bekerja dan berbisnis dia tentu tidak bisa membersihkan sendiri rumahnya karena itu akan menyita waktunya. sehingga akan menggangu pekerjaan dan bisnisnya.

Sehingga Asisten Rumah Tangga (ART) atau jasa pembersih rumah menjadi pilihan bagi mereka untuk membantu mereka dalam menata rumah agar bersih, sehat dan enak dipandang oleh tamu yang akan berkunjung. Karena penampilan rumah yang bersih menunjukkan kepribadian pemilik rumahnya juga.

Baca Juga:

Tapi tidak semua orang mampu membayar ART atau jasa pembersih rumah karena keterbatasan biaya dan itu bisa menjadi beban tambahan bagi mereka.

Ada beberapa tips cara membersihkan rumah tanpa ART/Jasa pembersih rumah sehingga rumah bisa tetap bersih, rapi dan sehat.

1. Kurangi menyimpan barang-barang yang tidak perlu dan tidak penting

Sebaiknya anda memilah dan memilih  barang-barang yang tidak perlu dan tidak penting. Hal ini tentu akan berbeda-beda setiap orang mana barang yang perlu dan mana barang yang penting sehingga dengan demikian anda bisa menghemat tempat dan sudah tentu anda tidak  kesulitan membersihkannya secara rutin ketika tidak digunakan.

2. Letakkan pakaian di tempat semestinya

Kebiasaan buruk orang-orang umumnya adalah suka melemparkan pakaian yang hendak ditukarnya ke tempat terdekat darinya. Seperti ketika dia dekat kursi dia lemparkan pakaian kotor tersebut ke kursi, ketika dekat ke meja dia lemparkan pakaian kotornya ke meja. 

Buang jauh kebiasaan buruk tersebut karena tidak butuh waktu lama untuk meletakkan pakaian tersebut kembali ke lemari atau meletakkannya di keranjang baju khusus laundry.

Sehingga tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk mengumpulkan kembali baju-baju tersebut ketika hendak dicuci.

3. Sebaiknya segera membersihkan peralatan makan

Agar peralatan makan tidak menumpuk di tempat cuci piring/wastafel, sebaiknya Anda segera mencucinya setelah selesai makan.Jika dibiarkan piring, gelas dan sendok kotor maka sisa-sisa makanan yang menempel di peralatan makan tersebut maka akan menimbulkan bau busuk.Sehingga akan malas mencucinya karena kelihatan jadi sangat banyak dan berbau busuk.

Jadi lebih baik menghabiskan waktu beberapa menit untuk mencuci satu dua  piring kotor daripada mencuci puluhan piring, gelas dan sendok sekaligus. Jadi sebaiknya dicicil ya.

4. Libatkan anggota keluarga 

Cara membersihkan rumah tanpa ART/jasa pembersih rumah adalah melibatkan anggota rumah yang ada didalamnya.Jika dalam rumah itu ada beberapa orang yang tinggal seperti anak, keponakan, cucu dan lain-lain sebaiknya libatkan mereka untuk membantu anda membersihkan rumah.

Ini juga mengajarkan mereka terlibat dalam memikul tanggung jawab bersama dalam rumah. Berikan tugas masing-masing kepada mereka dan jika perlu dibuat piket sehingga semua orang kebagian kerja membersihkan rumah.

Sumber Referensi: Kompas

Silahkan anda tambahkan tips yang lain cara membersihkan rumah dalam kolom komentar ini.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Avatar

Uskhal

Uskhal adalah Pemilik dan Penulis di website Thoyron.Com.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *