5 Fungsi dan 5 Tips Dapur  Jadi Cantik dan Rapi

5 Fungsi dan 5 Tips Dapur Jadi Cantik dan Rapi

Views: 31

Dapur ruangan terpenting di rumah karena ia  lebih dari sekadar tempat untuk memasak,selain menyiapkan makanan, dapur adalah tempat kita berkumpul dan berbicara tentang hari kita. 

Ini juga salah satu tempat  di mana pembeli rumah baru dapat mengekspresikan selera pribadi mereka Dan menambahkan rasa dari identitas mereka sendiri. 

Tidak heran jika pembeli rumah sangat menekankan pada memiliki dapur yang bagus, kata Cameron Kusher, Manajer Eksekutif REA Group – Riset Ekonomi. 

Baca Juga:

“Saat orang membeli atau melihat rumah, ruang memasak ini adalah salah satu ruangan yang paling mereka sukai,” kata Cameron. “

Jadi, sangat penting Anda memiliki suatu ruangan tempat memasak berkualitas tinggi yang disukai orang-orang untuk memasak dan berkumpul juga karena dapur ruangan terpenting di rumah anda

Tidak selalu menjadi pusat kegiatan sosial rumah tangga seperti saat ini. Secara tradisional, ruangan ini adalah ruangan kecil dan tenang yang tersembunyi dari pandangan. 

Meskipun dulunya adalah ruang  yang tersembunyi, tempat ini telah bergeser menjadi pusat rumah secara fisik serta bagian tak terpisahkan dari ruang tamu, ruang makan, dan area luar ruangan.

Fungsi dasar dapur dan tata letaknya:

1.Merupakan area memasak makanan ini adalah fungsi utama dan paling mendasar baik dapur tradisional maupun modern dari dulu hingga kini.

2.Tempat menyimpan makanan

Tempat penyimpanan makanan ada di satu area bersama area pembersihan atau memasak. Ruang  inilah yang dapat digunakan untuk menyimpan loyang, rolling pin, mixer, mangkuk pencampur, dan buku masak.

Makanan ringan/camilan letakkan di area lalu lintas pengguna di antara kulkas, area cuci, dan memasak. Anda bisa meletakkan microwave, alat pembuat kopi, dan aksesori dapur di sini

3. Area mempersiapkan aneka makanan.

Tempatkan area persiapan makanan di antara lemari es ( jika memiliki lemari es) dengan pembuangan sampah di dekatnya. Sebaiknya area ini untuk menyimpan pisau, talenan, alat ukur bahan makanan, blender, dan bumbu-bumbu penyedap/rempah-rempah.

4.Tempat mencuci peralatan makanan yang selesai dipakai

Area cuci/pembersihan diletakkan di antara area persiapan makanan dan area memasak. Di sinilah terdapat wastafel dan mesin cuci piring jika ada. Letakkan lap piring dan wadah penyimpanan di sini juga. Piring yang digunakan sehari-hari bisa juga disimpan di sini.  

5. Tempat Menyimpan segala peralatan makanan yang anda miliki tentunya

Letakkan area memasak di salah satu ujung dapur yang mencakup kompor, oven atau microwave.Sebaiknya  area ini untuk menaruh panci dan wajan, peralatan masak, minyak, sarung tangan anti panas, dan peralatan kecil seperti pemanggang roti atau penggorengan

Ia merupakan area yang mudah sekali kotor dan berantakan karena kebanyakan aktivitas yang dilakukan di rumah pasti akan selalu berhubungan dengan tempat ini, karena terkait pemenuhan logistik para penghuni rumah. Dimulai dari meracik bumbu, memasak, sampai mencuci piring.

Sebaiknya ruang masak ini hanya berisi barang-barang yang diperlukan saja. Salah satu supaya dapur rapi dengan menyingkirkan peralatan dapur yang tidak dipakai lagi lalu menyimpan barang tersebut ditempat 

Tips supaya dapur selalu rapi dan cantik:

1. Selalu rajin dan rutin membersihkan dapur setelah digunakan seperti kompor gas, meja dapur, wastafel, hingga lantai dapur.

2. Simpan segala peralatan yang hanya digunakan di tempat ini.

Singkirkan segala aksesori dan barang lain yang tak diperlukan. Bila perlu simpanlah di kompartemen tertutup.Menjaga semua barang tetap teratur juga membantu untuk mudah mengakses peralatannya ketika akan digunakan kembali.

3. Bagi anda yang memiliki kulkas sebaiknya membersihkan kulkas seminggu sekali karena kulkas pusat  penyimpanan segala makanan dan bahan masakan.Baik makanan mentah, setengah jadi maupun yang sudah jadi. Jadi kulkas perlu dibersihkan secara rutin  agar mampu menjaga makanan tidak terkena dari bakteri yang bisa merusak makanan.

4. Hilangkan dan jauhkan kebiasaan meletakkan barang apa saja  di atas meja dapur. Terkadang setelah beraktivitas, secara tidak sadar anda meletakkan sebuah barang hanya karena tidak menemukan tempat lai seperti itu kunci rumah, kunci kendaraan (mobil/motor), kertas, atau mainan anak-anak anda. Walaupun ini masalah kecil, hal ini bisa membuat tempat tersebut terlihat berantakan dan kumuh jadi jangan biarkan barang apapun tergeletak di atas meja termasuk pula orang lain yang melakukannya.

5. Jangan memiliki kebiasaan suka menyimpan barang sekali pakai

Biasanya setelah membeli makanan, pasti meninggalkan wadah atau alat masak sekali pakai mungkin sempat terpikirkan untuk menggunakannya kembali. 

Tetapi ingat , menyimpan barang sekali pakai hanya akan membuat dapur terlihat kumuh . Jadi buang segala peralatan sekali pakai baik seperti sendok plastik, gelas plastik , mangkuk plastik sekali pakai dan lain-lain

Sumber Referensi: Hai Bunda, ABC, Brainly

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Dunia Properti