Cara Pendirian Bisnis SPBU Pertamina, Ada 3Syaratnya

Bisnis SPBU
Views: 22

Peluang membuka usaha bisnis SPBU Pertamina ternyata lumayan besar. Karena volume kendaraan seperti mobil dan terus bertambah terus menerus sehingga SPBU Pertamina sangat dibutuhkan keberadaannya oleh konsumen pemilik kendaraan.

Seperti dikutip dari situs pertaminafuels.com, laba usaha yang diperoleh dengan membuka bisnis SPBU Pertamina konon mencapai Rp 40.000.000 per bulannya. Sebuah angka yang cukup besar dengan kondisi saat ini.

Buka Juga:

Perbedaan SPBU Pertamina Warna Merah, Biru dan Hijau

Pihak Pertamina memberikan 2 macam pola kerjasama dalam membuka bisnis SPBU yaitu

CODO (Company Owned Dealer Operated)

SPBU CODO Pertamina adalah sebuah SPBU kerja sama antara PT Pertamina (Persero) dengan pihak tertentu yang mau bekerjasama. Misalnya kerja sama pemanfaatan tanah milik perusahaan maupun individu untuk dibuatkan SPBU Pertamina.

DODO (Dealer Owned Dealer Operated)

Lalu ada SPBU DODO yang merupakan SPBU bentuk kerja sama penyediaan lokasi dan investasi dilakukan seluruhnya oleh individu calon mitra Pertamina.

Syarat Membuka Bisnis SPBU Pertamina:

1. Mengurus Perizinan

Menyediakan dokumen-dokumen penting yang berisi data-data secara jujur dan dapat dipertanggungjawabkan yaitu:

– Fotokopi KTP Pemilik

– Surat Akta Pendirian Perusahaan

– Fotokopi Izin Mendirikan Bangunan (IMB)

– Surat Izin Gangguan

– Surat Peruntukkan dan Penggunaan Tanah

Setelah dokumen-dokumen penting itu tersebut selesai dipersiapkan, kemudian menyiapkan Lay out atau desain bentuk calon SPBU Pertamina yang akan dibangun yang berisi data-data: peta lokasi usaha, kelengkapan data fasilitas inventaris, data kapasitas penyaluran BBM serta kapasitas penyimpanannya.

2. Penentuan dan Pemilihan Lokasi SPBU

Caranya dapat dengan memilih secara langsung via website dan melakukan survei lokasi. Hal Ini penting untuk pertimbangan seperti apakah banyak kendaraan mobil dan motor berlaku lalang di lokasi calon SPBU tersebut juga lokasinya strategis mudah diakses oleh para pemilik kendaraan.

3. Menyiapkan Sarana dan Prasarana SPBU

Penyimpanan sarana dan prasarana pendukung SPBU tak kalah pentingnya seperti sarana pemadam kebakaran untuk antisipasi musibah kebakaran, sistem keamanan terpadu, pagar pembatas yang baik, instalasi sumur pantai dan saluran serta pengolahan limbah. Selain itu menyediakan toilet umum, mesjid/mushola, tanda rambu, tempat parkir yang cukup dan memadai.

Setelah semua syarat Membuka bisnis SPBU dipenuhi , lakukan pendaftaran secara online pada website resmi Pertamina. Kemudian input data, verifikasi awal pada kesiapan finansial dan lahan pendirian, dan verifikasi lapangan.

Saat semua data sudah diverifikasi, Pertamina akan mengeluarkan izin dan calon mitra bisa segera mengurus pendirian SPBU Pertamina.

Sumber: Detik, Pertamina

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Avatar

Uskhal

Uskhal adalah Pemilik dan Penulis di website Thoyron.Com.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.