Provinsi Termuda Provinsi Ke 38: Papua Barat Daya

Provinsi Termuda
Views: 188

Provinsi termuda di Indonesia saat ini ada wilayah Indonesia Bagian Timur yaitu Papua Barat Daya.

Cakupan wilayah Provinsi termuda di Indonesia yang merupakan hasil pemekaran dari Provinsi Papua Barat ini ialah kawasan Sorong Raya yang terdiri dari Kota Sorong, Kabupaten Sorong, Kabupaten Sorong Selatan, Kabupaten Maybrat, Kabupaten Tambrau dan Kabupaten Raja Ampat.

Rancangan Undang-Undang Tentang Pembentukan Provinsi Papua Barat Daya telah disahkan menjadi undang-undang pada 17 November Tahun 2022 dan menjadi provinsi ke-38 sekaligus provinsi termuda di Indonesia untuk saat ini.

Baca Juga:

5 Kota-Kota Tersepi Di Pulau Sumatera Indonesia

Provinsi Papua Barat Daya terletak di ujung barat laut dari kawasan yang disebut dengan Semenanjung Doberai atau Semenanjung kepala burung.

Meskipun secara geografis terletak di barat laut pulau Papua namun provinsi ini menggunakan barat daya dalam namanya. ini merupakan kesalahan penamaan.

Juga biasa ditemui di daerah lain di Indonesia contohnya Kabupaten Sumba Barat Daya di provinsi Nusa Tenggara Timur yang secara geografis berada di barat laut Pulau Sumba.

Namun ada juga kemungkinan lain alasan penggunaan barat daya dalam penamaan provinsi baru ini.

Pemekaran Provinsi Papua Barat Daya sudah direncanakan sejak tahun 2007 di mana di tahun tersebut Provinsi Papua Barat Daya masih menjadi bagian dari Provinsi Papua Barat yang beribukota di Manokwari.

Baca Juga:

15 Kabupaten Kota Termuda di Indonesialm

Jika kita bandingkan daerah-daerah yang masuk Provinsi Papua Barat Daya dengan ibukota provinsi Papua Barat yaitu Manokwari maka terlihat kebanyakan wilayah provinsi baru ini terletak di sebelah barat daya Manokwari.

Mungkin karena itulah penamaan provinsi baru ini menggunakan Barat Daya.

Ibukota dari Provinsi Papua Barat Daya berkedudukan di kota Sorong yang terkenal sebagai penghasil migas yang membuatnya menjadi salah satu kota termaju di Papua.

Total luas wilayah Provinsi termuda Papua Barat Daya yakni 38.820,90 km2 dan berdasarkan data kependudukan dan pencatatan sipil Kementerian Dalam Negeri jumlah penduduk Provinsi Papua Barat Daya sekitar 63.054 jiwa per 30 Juni 2022 dengan kepadatan penduduk 15 jiwa per kilometer persegi.

Wilayah Provinsi Papua Barat Daya berbatasan dengan Samudra Pasifik di utara, Provinsi Papua Barat di timur laut, Seram dan teluk Berau di selatan serta laut Halmahera dan Laut Seram di barat.

Di Provinsi Papua Barat Daya juga terdapat gunung yaitu gunung Kokwa dan juga pegunungan yaitu pegunungan Amrau keduanya berada di Kabupaten Tambrau.

Di provinsi baru ini juga terdapat danau yang cocok dijadikan sebagai destinasi wisata yaitu Danau Ayamaru, Danau Uter dan Danau Dramu ketiganya berada di Kabupaten Maybrat.

Kota Sorong merupakan kota terbesar di provinsi baru ini yang juga kota terbesar kedua di Papua setelah kota Jayapura di kota ini terdapat Bandar Udara tersibuk kedua di Papua yaitu Bandar Udara domine Edward Osok.

Bandar udara ini melayani penerbangan ke Jakarta Makassar Manado Ambon Manokwari Jayapura dan daerah lainnya di Papua

Di kota ini juga terdapat pelabuhan Sorong yang merupakan salah satu dari tujuh Pelabuhan utama tol laut yang ada di Indonesia Pelabuhan Sorong ini merupakan pintu gerbang perdagangan laut di wilayah barat pulau Papua.

Provinsi Papua Barat Daya memiliki beragam potensi sumber daya alam dan sumber daya ekonomi yang dapat dikembangkan.

Wilayah Sorong bagian utara dan timur memiliki potensi gas dan minyak bumi. Pertambangan emas, nikel, pasir, besi dan tembaga terdapat pada wilayah kabupaten Tambrau dan Kabupaten Maybrat bagian selatan sedangkan potensi batubara dan pasir besi terdapat di wilayah Sorong bagian Selatan.

Potensi sumber daya pariwisata juga terdapat di kabupaten Raja Ampat yang terkenal dengan pariwisata bawah laut hingga ke mancanegara.

Ujung paling barat dari provinsi ini adalah kawasan konservasi perairan daerah kabupaten Raja Ampat yang keindahannya sudah mendunia dan memiliki keanekaragaman biota laut yang tinggi seperti terumbu karang penyu raksasa parimata hingga hiu dan paus sehingga disebut sebagai surganya penyelam.

Provinsi Termuda Provinsi Ke 38: Papua Barat Daya thoyron.com
Keindahan Raja Ampat sudah terkenal sampai mancanegara/Pixabay

Di provinsi ini banyak ditemukan ekosistem seperti hutan hujan tropis dan pegunungan yang masih asri dan belum banyak terjamah manusia bahkan Kabupaten Tambrau menyatakan daerahnya sebagai Kabupaten konservasi untuk meningkatkan pariwisata.

itulah profil provinsi termuda di Indonesia Provinsi Papua Barat Daya.

Sumber: Mahasiswa Geografi , Pixabay

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Avatar

Uskhal

Uskhal adalah Pemilik dan Penulis di website Thoyron.Com.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *