20 Motif Dan Warna Ikan Cupang Cantik Untuk Dinikmati Keindahannya

20 Motif Dan Warna Ikan Cupang Cantik Untuk Dinikmati Keindahannya

Views: 71

Motif dan warna ikan cupang cantik yang berkualitas tinggi sangat “digilai” sebagian masyarakat yang berkantong tebal ala sultan. Konon bagi sebagian mereka mendapatkan “ketenangan” batin ketika melihat makhluk air kalau ini benar seperti itu, maka sikap seperti ini adalah berlebihan karena ketenangan batin itu didapat dengan mendekat kepada Pemilik alam raya ini yaitu Allah Subhana Wa Ta’ala.

Menurut Wikipedia Cupang, ikan laga, atau ikan adu siam merupakan ikan air tawar yang berasal Indonesia, Thailand, Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, dan Vietnam. Indonesia dan Thailand adalah dua negara di Asia Tenggara yang banyak menghasilkan ikan jenis air tawar ini.

Sifat Ikan ini agak berbeda dari ikan air tawar umumnya dimana dia mempunyai fitrah secara bentuk cantik rupawan, karakter yang unik yaitu suka “berantem” , suka menyerang dan agak agresif dalam mempertahankan “wilayah kekuasaanya”.

Ikan cupang menjadi salah satu hewan peliharaan yang banyak disukai di masa pandemi covid ini. Sehingga permintaan pasar (demand) cukup banyak yang menyebabkan harga membumbung tinggi mencapai puluhan juta rupiah. Jika dulu dengan mudah mendapatkan ikan cupang termurah di bawah harga Rp 50.000, kini harga termurahnya bisa berkisar ratusan ribu.

Ikan cupang juga disatu sisi sebagai ikan hias yang relatif mudah untuk dipelihara namun untuk mendapatkan jenis ikan cupang hias yang kualitas bagus sesuai keinginan itu ternyata sulit juga untuk menernaknya. Ini dikatakan oleh seorang peternak ikan cupang (baca disini)

Beberapa jenis ikan cupang yang kini banyak diburu adalah jenis blue rim dan avatar dimana harganya mencapai Rp.60 juta (Kompas)

Namun harga ikan tawar tersebut juga tergantung pada motif dan warna ikan cupang cantiknya, jenisnya, kualitasnya dan penjualnya.

Adapun jenis ikan cupang yang paling dicari adalah dengan ciri memiliki sirip indah dimana ketika berenang, sirip ini terlihat tenang dan tampak berwibawa.

Baca Juga: Viral Ala Bisnis Monyet Pada Tanaman Hias “Janda Bolong

Baca Juga: Tikus-Tikus Takut Dengan 3 Tanaman Dan 2 Bumbu Dapur Ini

Istilah-istilah Motif Dan Warna Ikan Cupang Cantik

  • Bi-Color / Dua warna: Ikan cupang dengan motif ini memiliki dua warna yang berbeda. Satu warna pada tubuh dan satu warna lagi pada siripnya.
  • Koi: Jenis motif dan warna ikan cupang ini dengan motif warna koi memiliki pola dan warna layaknya ikan koi.
  • Solid: Seperti namanya, ikan cupang dengan motif ini hanya memiliki satu warna di seluruh tubuhnya.
  • Butterfly / Kupu-Kupu: Ikan cupang yang satu ini dapat memiliki dua hingga tiga warna pada tubuhnya dan warna lainnya pada ekor atau siripnya biasanya berwarna putih atau transparan.
  • Dragonscale / Sisik Naga: Ikan cupang ini memiliki profil sisik yang tegas biasanya. Sisik tersebut biasanya memiliki garis hitam diujungnya serta tubuhnya berwarna metalik.
  • Dalmatian: Ikan cupang ini memiliki bercak-bercak berwarna hitam atau merah pada tubuhnya dengan warna dasar putih.
  • Marble: Ikan cupang dengan motif ini memiliki bercak-bercak putih di seluruh bagian tubuh dan siripnya.
  • Full Mask / Topeng: Ikan cupang dengan motif warna ini memiliki wajah yang berwarna hitam dan tubuh dengan aneka warna.
  • Piebald: Mirip dengan motif Full Mask, jenis ikan cupang dengan motif ini memiliki tubuh dan sirip dengan aneka warna. Akan tetapi, ikan cupang dengan motif Piebald memiliki wajah yang berwarna putih.
  • Grizzle: Memiliki dua atau lebih warna yang terkesan bercampur.

Jenis-jenis Ikan Cupang

1. Ikan Cupang Halfmoon

20 Motif Dan Warna Ikan Cupang Cantik Untuk Dinikmati Keindahannya

Ikan tawar hias ini disebut juga sebagai separuh bulan. Sesuai dengan namanya, ciri khas ikan cupang yang satu ini memiliki sirip dan ekor yang seolah-olah menyatu dan membentuk setengah lingkaran. Kabarnya ikan cupang ini “ditemukan” oleh peternak negeri Paman Sam sekitar tahun 1982. Nama Halfmoon baru dikenal di Indonesia sekitar 2000.

Halfmoon memiliki bukaan ekor lebar mendekati 180 derajat ketika ngedok (ketika marah) dan berwarna hijau. Harga ikan cupang halfmoon juara sekitar Rp 500 ribu/ekor. Sedangkan anakannya sekitar Rp 40 ribu.

2. Ikan Cupang (Double Tail)

20 Motif Dan Warna Ikan Cupang Cantik Untuk Dinikmati Keindahannya

Ikan cupang Double Tail ini memiliki ekor ganda yang membelah di bagian tengah sirip ekor (caudal). Hal ini dikarenakan adanya mutasi genetik sehingga ikan ini memiliki sirip ekor atau dua cuping sirip ekor yang berbeda. Sehingga dinamakan ikan cupang ekor cagak karena tampak bercabang dua juga memiliki pangkal sirip punggung dan sirip anal yang sama rata.

Jenis cupang double tail yang baik adalah ikan yang tida memiliki celah atau jarak di antara ketiga siripnya yaitu dari anal, kaudal, dan dorsal.

Dan pada saat mengembang sempurna, maka keseluruhan sirip itu akan membentuk satu kesatuan yang berupa lingkaran utuh yang simetris.

Cupang Double Tail yang ekornya bercabang dua ini sangat indah karena siripnya yang lebar. Tapi, ikan ini terkenal sulit dikembangkan, Hal itulah yang membuatnya langka.

3. Ikan Cupang Crown Tail

20 Motif Dan Warna Ikan Cupang Cantik Untuk Dinikmati Keindahannya

Ikan cupang Crown Tail disebut juga dengan cupang Serit. Ini adalah jenis cupang pertama yang dibudidayakan di Indonesia. Jenis cupang serit ini merupakan salah satu hasil karya para pembudidaya ikan cupang dari Indonesia.

Jenis cupang ini memiliki sirip yang khas menyerupai bentuk sisir. Bahkan juga dapat terlihat seperti layar yang tersobek-sobek. Pada awalnya, ikan serit ini banyak yang tidak tertarik dan malah dicemooh sebagai ikan persilangan yang gagal karena ekor-ekornya sobek-sobek. Namun, seiring perkembangannya, ikan serit saat ini malah menjadi salah satu jenis ikan cupang yang paling diminati dan di cari oleh para breeder.(Jejamo.Com)

Hingga kini Indonesia dikenal menjadi penghasil cupang serit terbaik di dunia. Dalam sejarahnya, ikan cupang serit dikembangbiakkan oleh Ahmad Yusuf, peternak asal Jakarta Timur pada tahun 1997. Ia menyilangkan indukan impor Thai berwarna biru yang memiliki ekor delta dan bergerigi.

4. Ikan Cupang Plakat/Plakad

20 Motif Dan Warna Ikan Cupang Cantik Untuk Dinikmati Keindahannya

Ikan cupang plakat merupakan cupang ekor pendek yang berasal dari bahasa Thai Plakad artinya cupang aduan atau cupang laga. Di Indonesia jadi plakat. Berbeda dengan cupang hias, cupang plakat lebih andal dalam melawan. Cupang plakat memiliki warna dan bentuk sirip yang keras dan ekor yang pendek. Warnanya sendiri tidak terlalu mencolok, tubuhnya yang cukup besar dan kokoh sangat bagus untuk dijadikan sebagai petarung.

Ikan ini masuk ke Indonesia pada tahun 2000-an yang diperkenalkan untuk melawan boomingnya ikan Louhan.

Ikan cupang plakat ini pertama kali diperkenalkan di Indonesia oleh Henry Gunawan, Joty Atmadjaja, dan Hermanus. (Hewany.Com)

Ada perbedaan penyebutan plakat di Indonesia dan Thailand dimana kedua negara ini bisa dikatakan sentralnya ikan cupang di seluruh Dunia.

a. Di Indonesia plakat itu artinya jenis ikan cupang yang memiliki ekor pendek

b. Di Thailand Plakad adalah ikan cupang, jadi meski itu halfmoon, serit atau apa saja namanya pasti didahului dengan plakad

5. Ikan Cupang Fancy

20 Motif Dan Warna Ikan Cupang Cantik Untuk Dinikmati Keindahannya

Ikan cupang yang satu ini juga berasal dari Negeri Gajah Putih,memiliki warna kombinasi yang sangat indah. Ikan dengan perpaduan warna biru metalik, hijau, putih, pink atau merah punya bentuk sirip yang pendek.

Ikan cupang ini memiliki sirip yang pendek seperti yang dimiliki oleh ikan cupang plakat. Namun untuk faktor warnanya, ikan cupang satu ini memiliki warna yang lebih beragam dan sangat cantik, tidak seperti ikan cupang plakat.

Selain itu, warna dari ikan cupang kali ini adalah kombinasi dari beberapa warna yang mirip menyerupai sebuah lukisan.

Harga untuk anakan ikan cupang fancy sekitar Rp 200.000-300.000. Sedangkan ikan fancy juara dijual Rp 2 juta hingga Rp 10 juta.

6. Ikan Cupang Kachen Worachai

20 Motif Dan Warna Ikan Cupang Cantik Untuk Dinikmati Keindahannya

Ikan cupang Kachen Worachai ini berasal dari Thailand lagi .Warnanya cantik dengan perpaduan biru, putih dan merah menyerupai bendera Thailand.

Ikan cupang jenis ini merupakan jenis ikan cupang yang pernah terjual dengan cukup fantastis , yaitu Rp20.000.000 di Negeri Berjuluk Gajah Putih ini.

Sebenarnya nama ikan ini bukan ikan cupang kachen worachai namun pemilik dari ikan termahal di dunia ini bernama Kachen Worachai, jadi banyak orang yang menyebutnya sebagai ikan cupang kachen worachai.

7. Ikan Cupang Big Ear

20 Motif Dan Warna Ikan Cupang Cantik Untuk Dinikmati Keindahannya

Ikan cupang big ear tergolong dalam jenis ikan cupang dengan harga mahal. Bentuk siripnya yang besar seperti telinga gajah membuat banyak orang sering berburu ikan jenis ini. Mereka merupakan jenis cupang persilangan yang dikembangkan oleh masyarakat Indonesia. 

Harga ikan cupang big ear berkisar sekitar Rp 400 ribu-an.

8. Ikan Cupang Sawah

20 Motif Dan Warna Ikan Cupang Cantik Untuk Dinikmati Keindahannya

Ikan cupang sawah menjadi salah satu jenis ikan cupang liar. Ikan cupang sawah jarang ditemukan sehingga harganya tergolong mahal. Semakin bagus dan besar ukurannya, ikan cupang sawah harganya semakin mahal.

9. Ikan Cupang Paradise

20 Motif Dan Warna Ikan Cupang Cantik Untuk Dinikmati Keindahannya

Memiliki nama latin Macropodus opercularis banyak ditemukan di sungai Sumatra, Kalimantan dan Sulawesi. Ciri khas dari ikan ini adalah bentuk ekornya yang bercabang.

Ikan paradise merupakan salah satu jenis cupang paradise yang mudah di budidayakan. Ikan paradise ini tergolong yang masih langka serta harga jual ikan paradise sendiri masih tak menentu.

Secara umum bentuk badan relatif panjang, dan pipih kesamping. Warna badan bervariasi, mulai dari sawo matang hingga agak hijau. Separoh kepala bagian atas dan leher serta tengkuk berwarna sawo matang, hitam, dengan loreng-loreng hijau zaitun. 

Yang membuatnya kian cantik, pada sekujur tubuhnya dipenuhi oleh garis-garis mendatar berselang-seling biru dan merah trengguli. Sementara garis berwarna sawo matang atau agak biru melintas dari mata hingga tutup insang yang bertemu bintik putih berwarna merah tua.

10. Ikan Cupang HMPK

20 Motif Dan Warna Ikan Cupang Cantik Untuk Dinikmati Keindahannya

HMPK merupakan singkatan dari HALFMOON PLAKAD, kemunculan plakad jenis ini tidak dalam dunia ikan adu atau ikan hias, melainkan pada ikan kontes.

Jika plakad hias yang kedua ekornya setengah linkaran akan tetapi kecil dan mendekati plakad tradisional, makanya meski bentuknya setengah lingkaran tidak disebut HMPK.

Sedangkan plakad HMPK ini, karena ekornya lebar hampir mendekati ekor ikan cupang halfmoon maka disebutlah HMPK.

11. Si Lincah Sarawak

20 Motif Dan Warna Ikan Cupang Cantik Untuk Dinikmati Keindahannya

Cupang Sarawak adalah jenis yang mudah beradaptasi degan alam. Bahkan, ia dapat hidup pada air bertekanan tinggi. Keren, ya!

12. Jenis Ikan Cupang Emas

jenis ikan cupang emas
Sumber : flickr.com

Seperti namanya, cupang Emas yang memiliki nama lain Betta unimaculata ini memiliki warna kuning keemas-emasan. Ikan ini banyak ditemukan di sawah, sungai, dan rawa.

13. Veil Tail yang Ekornya Menawan

veil tail
Sumber : pikist.com

Coba Anda perhatikan ekor ikan cupang yang satu ini. Menarik, bukan? Ekor cupang Veil Tail memang terkenal menawan. Tertarik untuk memeliharanya di rumah?

14. Coccina atau Cupang Belgi Bangkok

coccina
Sumber : commons.wikimedia.org

Cupang Coccina atau yang memiliki nama lain cupang Belgi Bangkok ini memiliki bentuk tubuh yang khas dan warna yang menarik. Warna merah dari ikan ini pasti dapat membuat tampilan ruangan semakin menarik!

15. Si Cantik Ikan Cupang Slayer

slayer
Sumber : pikist.com

Cupang yang satu ini sering menjadi favorit banyak orang. Bagaimana tidak? Bentuk ekor dan sirip dari cupang Slayer sangat indah. Warna terang pada tubuhnya juga membuatnya semakin menarik.

16. Spade Tail yang Berekor Lancip

spade tail
Sumber : fins.betta

Dari melihat gambarnya saja, pasti Anda bisa melihat keunikan dari ikan cupang Spade Tail. Ya! Ekornya melancip, berbeda dengan jenis lainnya. Namun sayangnya, ikan ini tergolong langka, Ruppers.

17. Halfsun, Si Hasil Kawin Silang

halfsun
Sumber : bettablackwhite

Cupang Halfsun merupakan hasil perkawinan silang antara cupang Halfmoon dan Crown Tail. Disebut Halfsun karena sirip dan ekornya mirip dengan bentuk matahari.

18. Over Halfmoon

over halfmoon
Sumber : bettanesiaa_

Jika Cupang Halfmoon dapat membentangkan ekornya menjadi bentuk setengah lingkaran, Jenis Over Halfmoon ini dapat membentangkan ekornya melebihi setengah lingkaran. Cantik, ya?

19. Snakehead (Betta channoides)

snakehead
Sumber : zebetta24

Siapa sangka, ikan cupang liar yang satu ini ternyata asli Indonesia, lho. Dilansir dari goodnewsfromindonesia.id, cupang Snakehead adalah ikan cupang endemik yang hanya ada di Sungai Mahakam, Kalimantan Timur.

20. Jenis Ikan Cupang Giant

giant
Sumber : giant_bettafish

Sesuai namanya, cupang Giant yang berhasil dikembangbiakan breeder dari Thailand ini memiliki ukuran terbesar yaitu mencapai 12 cm. Namun, karena tubuhnya yang besar itulah ikan ini tidak selincah cupang kebanyakan.

Setelah menyimak dan menikmati ikan hias diatas anda Juga perlu menyiapkan kebutuhan hewan peliharaan ini seperti akuarium ataupun juga makanannya.

Ukuran ikan cupang yang kecil dan cantik-cantik tentunya akan cukup jika menggunakan akuarium kecil dan pasti cocok untuk dijadikan dekorasi meja di rumah anda

Jika menggunakan ukuran akuarium yang cukup besar untuk memelihara ikan cupang di rumah, mungkin dekorasi akuarium bisa Anda tambahkan di dalamnya agar tidak terkesan kosong.

Jangan lupa berikan gizi yang cukup sehingga kualitas motif dan warna ikan cupang cantik peliharaan Anda terjaga dengan baik . Siapkan makanan ikan dengan kandungan yang sesuai untuk mereka sehingga dapat tumbuh dan berkembang menjadi lebih cantik serta kuat.

Sumber Referensi: rupa-rupa.com, CNBC Indonesia, bobobox.com,infoikan.com, Kompas.com, Hewany.Com, penjualcupang.com

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Cara dan Gaya Hidup