Rumah Berjamur dan Fakta-fakta Tentang Jamur

Rumah Berjamur
Views: 66

Rumah berjamur adalah salah satu persoalan bagi pemilik gedung atau rumah karena dianggap merusak bangunan dan mengurangi keindahan rumah dan gedung. Jamur memang banyak tumbuh di seputaran gedung-gedung dan rumah-rumah. Jamur biasanya akan tumbuh di tempat-tempat yang lembab, seperti di sekitar kebocoran di atap, jendela, atau pipa, atau di tempat yang telah terjadi banjir. 

Jamur berkembang biak biasanya pada produk kertas, karton, ubin, langit-langit, dan produk kayu. Jamur juga bisa tumbuh di debu, cat, wallpaper, insulasi, drywall, karpet, kain, dan kain pelapis. 

Jamur dalam ruangan yang paling umum adalah Cladosporium, Penicillium, dan Aspergillus. Tetapi belum ada informasi yang tepat tentang seberapa sering jamur yang berbeda ditemukan di gedung dan rumah.

Baca Juga:

-8 Cara Membasmi Rayap Di Rumah

-4 Cara Membersihkan Rumah Tanpa Jasa Asisten Rumah Tangga atau Jasa Pembersih Rumah

Bagaimana sampai rumah berjamur dan bagaimana mereka tumbuh? Jamur ditemukan baik di dalam maupun di luar ruangan. 

Jamur dapat masuk ke rumah Anda melalui pintu terbuka, jendela, ventilasi, serta sistem pemanas dan AC. Jamur di udara luar juga bisa menempel pada pakaian, sepatu, dan hewan peliharaan bisa serta dibawa di dalam ruangan. 

Ketika spora jamur jatuh di tempat-tempat yang terlalu lembab, seperti tempat kebocoran mungkin terjadi di atap, pipa, dinding, pot tanaman, atau di tempat yang pernah terjadi banjir, mereka akan tumbuh.

Banyak bahan bangunan memberikan “nutrisi” yang sesuai yang mendorong tumbuhnya jamur. Bahan selulosa basah, termasuk kertas dan produk kertas, karton, ubin langit-langit, kayu, dan produk kayu, sangat kondusif untuk pertumbuhan beberapa jamur. Material lain seperti debu, cat, wallpaper, material insulasi, drywall, karpet, kain, dan pelapis, biasanya mendukung pertumbuhan jamur. 

Bagaimana Anda tahu jika Anda memiliki masalah jamur? Jamur besar biasanya dapat terlihat atau tercium. 

Bagaimana jamur mempengaruhi orang? Lingkungan yang lembab dan berjamur dapat menyebabkan berbagai efek kesehatan, atau bisa juga tidak ada pengaruh sama sekali. 

Beberapa orang sensitif terhadap jamur. Bagi orang-orang ini, kumpulan jamur dapat menyebabkan gejala seperti hidung tersumbat, mengi, dan mata merah atau gatal, atau kulit.

Beberapa orang, seperti mereka yang alergi terhadap jamur atau asma, mungkin mengalami reaksi yang lebih intens. Reaksi parah dapat terjadi di antara pekerja yang terpapar jamur dalam jumlah besar di lingkungan kerja, seperti petani yang bekerja di sekitar jerami berjamur. Reaksi parah mungkin termasuk demam dan sesak napas.

Pada tahun 2004 Institute of Medicine (IOM) menemukan ada cukup bukti untuk menghubungkan paparan jamur di dalam ruangan dengan gejala saluran pernapasan bagian atas, batuk, dan mengi pada orang sehat, dengan gejala asma pada penderita asma dan dengan pneumonitis hipersensitivitas pada individu yang rentan terhadap kondisi yang dimediasi oleh kekebalan tersebut.

Pada tahun 2009, Organisasi Kesehatan Dunia mengeluarkan panduan tambahan, Panduan WHO untuk Kualitas Udara Dalam Ruangan.

Studi terbaru lainnya menunjukkan adanya hubungan potensial antara paparan jamur dini pada rumah berjamur dengan perkembangan asma pada beberapa anak, terutama di antara anak-anak yang secara genetik rentan terhadap perkembangan asma, dan bahwa intervensi terpilih yang memperbaiki kondisi perumahan dapat mengurangi morbiditas dari asma dan alergi pernapasan.

Hubungan antara efek kesehatan yang merugikan lainnya, seperti perdarahan paru idiopatik akut pada bayi, kehilangan ingatan, atau kelesuan, dan jamur, termasuk jamur Stachybotrys chartarum belum terbukti.

Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui apa yang menyebabkan perdarahan idiopatik akut dan efek buruk kesehatan lainnya. Tidak ada tes darah untuk jamur.

Beberapa dokter dapat melakukan tes alergi untuk kemungkinan alergi terhadap jamur, tetapi tidak ada tes yang terbukti secara klinis yang dapat menentukan kapan atau di mana paparan jamur tertentu terjadi.

Siapa yang paling berisiko mengalami masalah kesehatan yang terkait dengan paparan jamur? Orang dengan alergi mungkin lebih sensitif terhadap jamur. Orang dengan penekanan kekebalan atau penyakit paru-paru yang mendasari lebih rentan terhadap infeksi jamur.

Orang dengan penyakit pernapasan kronis (misalnya, gangguan paru obstruktif kronik, asma) mungkin mengalami kesulitan bernapas. Individu dengan penekanan kekebalan berada pada peningkatan risiko infeksi dari jamur.

Jika Anda atau anggota keluarga Anda memiliki kondisi ini, konsultasikan dengan dokter ahli untuk diagnosis dan pengobatan.

Bagaimana Anda mencegah rumah berjamur dan bangunan berjamur?

-Memeriksa bangunan untuk bukti adanya kerusakan sistem air dan jamur yang terlihat adalah bagian dari perawatan rutin gedung

-Memperbaiki kondisi yang menyebabkan pertumbuhan jamur (misalnya, kebocoran air, kondensasi, infiltrasi, atau banjir) untuk mencegah pertumbuhan jamur.

Di dalam rumah, Anda dapat mengontrol pertumbuhan jamur dengan: Mengontrol tingkat kelembaban, Segera memperbaiki atap, jendela, dan pipa yang bocor, membersihkan dan mengeringkan secara menyeluruh setelah banjir, ventilasi area shower, laundry, dan ruang memasak.

Tips Mengatasi Pertumbuhan Jamur:

Jaga tingkat kelembapan serendah mungkin — antara 30% dan 50% – sepanjang hari. AC atau dehumidifier akan membantu Anda menjaga level tetap rendah.

Ingatlah bahwa tingkat kelembapan berubah sepanjang hari dengan perubahan kelembapan di udara dan suhu udara, jadi Anda perlu memeriksa tingkat kelembapan lebih dari sekali sehari.

Gunakan AC atau dehumidifier selama musim-musim yang lembap. Pastikan rumah Anda memiliki ventilasi yang cukup. Gunakan kipas angin yang berventilasi di luar rumah Anda di dapur dan kamar mandi. Pastikan pengering pakaian Anda memiliki ventilasi di luar rumah.

Perbaiki kebocoran apa pun di atap, dinding, atau pipa ledeng rumah Anda sehingga jamur tidak tumbuh lembap. Pertimbangkan untuk tidak menggunakan karpet di ruangan atau area seperti kamar mandi atau ruang bawah tanah yang mungkin memiliki banyak kelembapan.

Bagaimana Anda mendapatkan penilaian dari bangunan, termasuk rumah, sekolah, dan tempat kerja?

Jamur yang tumbuh di rumah dan bangunan menunjukkan adanya masalah dengan air atau kelembapan. Ini adalah masalah pertama yang harus diatasi.

Singkirkan benda berjamur dari ruang keluarga. Begitu jamur mulai tumbuh di karpet, insulasi, ubin langit-langit, drywall, atau papan dinding, satu-satunya cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan melepas dan menggantinya.

Area tersebut harus dibersihkan dan dikeringkan dengan benar karena Anda masih dapat mengalami reaksi alergi terhadap bagian dari jamur yang mati dan kontaminasi jamur dapat muncul kembali jika masih ada sumber kelembapan.

Lepas atau ganti karpet dan pelapis yang sudah basah kuyup dan tidak bisa langsung dikeringkan. Bersihkan dan keringkan rumah Anda secara menyeluruh dan cepat (dalam 24-48 jam) setelah banjir. Gali lumpur dan kotoran. Gunakan penyedot debu basah untuk menghilangkan kotoran yang tersisa. Gosok permukaan yang bisa dibersihkan (seperti kayu, ubin, batu) dengan air sabun dan sikat bulu.

Bersihkan semua permukaan keras secara menyeluruh (seperti lantai, cetakan, furnitur kayu dan logam, meja dapur, dan wastafel) dengan air dan deterjen piring. Keringkan permukaan dengan cepat dan menyeluruh setelah dibersihkan. Jika Anda memiliki kipas angin, AC atau dehumidifier yang tidak terpengaruh oleh banjir, gunakan untuk membantu permukaan mengering setelah Anda selesai membersihkan Pertumbuhan jamur dapat dihilangkan dari permukaan keras dengan produk komersial, sabun dan air, atau larutan pemutih tidak lebih dari 1 cangkir (8 ons) pemutih dalam 1 galon air untuk membunuh jamur pada permukaan.

Jangan mencampur pemutih dengan amonia atau pembersih rumah tangga lainnya. Jika Anda memilih menggunakan pemutih untuk membersihkan jamur.

Jangan mencampur pemutih dengan amonia atau pembersih rumah tangga lainnya. Mencampur pemutih dengan amonia atau produk pembersih lainnya akan menghasilkan asap yang berbahaya dan beracun. Buka jendela dan pintu untuk memberi udara segar. Kenakan sarung tangan tidak berpori dan pelindung mata. Area kecil (seperti shower, atau area seukuran pintu) sering kali dapat dibersihkan oleh penghuni, tetapi area yang lebih luas mungkin membutuhkan bantuan yang lebih profesional.

Selalu ikuti petunjuk produsen saat menggunakan pemutih atau produk pembersih lainnya. Jika Anda memiliki jumlah jamur yang banyak dan Anda merasa tidak dapat mengelola pembersihan sendiri, Anda mungkin ingin menghubungi profesional yang berpengalaman dalam membersihkan jamur di gedung dan rumah.

Adakah keadaan di mana orang harus mengosongkan rumah atau bangunan lain karena jamur? Keputusan ini harus dibuat secara individu. Jika Anda yakin Anda sakit karena terpapar jamur di gedung, Anda harus berkonsultasi dengan dokter Anda untuk menentukan tindakan yang tepat.

Saya menemukan rumah berjamur dan bagaimana cara menguji standar? Jika Anda dapat melihat atau mencium jamur, risiko kesehatan mungkin muncul. Anda tidak perlu mengetahui jenis jamur yang tumbuh di rumah Anda. Apa pun jenis jamur yang ada, Anda harus membuangnya. Karena efek jamur pada manusia dapat sangat bervariasi, baik karena jumlah atau jenis jamur, Anda tidak dapat mengandalkan pengambilan sampel dan kultur untuk mengetahui risiko kesehatan Anda.

Laboratorium lingkungan yang memenuhi syarat mengambil sampel jamur di rumah saya dan memberi saya hasilnya. Bisakah CDC menafsirkan hasil ini? Standar untuk menilai jumlah cetakan yang dapat diterima, dapat ditoleransi atau normal belum ditetapkan.

Pengambilan sampel untuk penilaian bisa mahal, dan standar untuk menilai jumlah penilaian yang dapat diterima dan yang tidak belum ditetapkan.

Mereka harus memberi tahu Anda sebelumnya apa yang akan mereka lakukan atau rekomendasi apa yang akan mereka buat berdasarkan hasil pengambilan sampel. Hasil sampel yang diambil dalam situasi unik Anda tidak dapat diinterpretasikan tanpa pemeriksaan fisik pada area yang terkontaminasi atau tanpa mempertimbangkan karakteristik bangunan dan faktor yang menyebabkan kondisi saat ini.

Praktik terbaik adalah menghilangkan jamur dan bekerja untuk mencegah pertumbuhan di masa depan. Jika Anda memutuskan untuk membayar pengambilan sampel lingkungan untuk cetakan, sebelum pekerjaan dimulai, Anda harus meminta konsultan yang akan melakukan pekerjaan tersebut untuk menetapkan kriteria untuk menafsirkan hasil pengujian.

Saya mendengar tentang “jamur beracun” dan “jamur hitam” yang tumbuh di rumah dan bangunan lain. Haruskah saya mengkhawatirkan risiko kesehatan yang serius bagi saya dan keluarga saya? Selalu ada jamur kecil di mana-mana – di udara dan di banyak permukaan. Jamur tertentu bersifat toksigenik, yang berarti dapat menghasilkan racun (khususnya “mikotoksin”).

Bahaya yang ditimbulkan oleh jamur yang dapat menghasilkan mikotoksin harus dianggap sama dengan jamur umum lainnya yang dapat tumbuh di rumah Anda. Tidak semua jamur menghasilkan mikotoksin dan bahkan jamur yang tidak menghasilkan mikotoksin pada semua kondisi permukaan atau lingkungan.

Pertumbuhan jamur, yang seringkali tampak seperti bintik-bintik, bisa bermacam-macam warna, dan bisa berbau apek. Warna bukanlah indikasi betapa berbahayanya jamur.

Semua jamur harus dihilangkan dan sumber kelembaban yang membantunya tumbuh harus dihilangkan. Ada sangat sedikit laporan bahwa jamur toksigenik yang ditemukan di dalam rumah dapat menyebabkan kondisi kesehatan yang unik atau langka seperti pendarahan paru atau kehilangan ingatan. Laporan kasus ini jarang terjadi, dan hubungan sebab akibat antara keberadaan jamur toksigenik dan kondisi ini belum terbukti.

Demikianlah artikel terkait tentang Jamur & Kelembaban pada bangunan dan rumah serta cara mengatasi rumah berjamur

Sumber:CDC

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Avatar

Uskhal

Uskhal adalah Pemilik dan Penulis di website Thoyron.Com.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *