9 Tumbuh -Tumbuhan Pengeluar Oksigen Yang Membuat Segar & Nyaman

Tumbuhan Pengeluar Oksigen (Foto Pixabay)

Tumbuh-tumbuhan Pengeluar oksigen adalah salah satu kemanfaatan tumbuhan yang bisa diambil manusia dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Allah menciptakan langit,bumi dan isinya memang untuk membantu kehidupan manusia didalamnya termasuk tumbuh-tumbuhan yang beraneka ragam jenis dan manfaatnya.Allah menumbuhkan tumbuh-tumbuhan untuk dimakan manusia ,untuk memperindah rumah baik didalam maupun diluar juga untuk memberikan berbagai kegunaan bagi kesehatan penghuni rumah,

Manfaat tumbuh-tumbuhan itu seperti membersihkan udara dari berbagai racun yang mengakibatkan penyakit-penyakit yang diderita manusia sungguh luar biasa.Masya Allah, Allah sudah banyak menciptakan tumbuh-tumbuhan dimuka bumi ini dengan banyak manfaat maka kita wajib mensyukurinya.

Jenis-jenis Tumbuhan Pengeluar Oksigen

1.Lili Paris (Chlorophytum comosum)
Tumbuhan asal Afrika Selatan ini disebut juga tanaman laba-laba (spider plant) berbentuk ramping mirip pedang.Daunnya melengkung berhiaskan warna putih di tepinya.
Cukup disiram 2 kali dalam seminggu secara konsisten maka Lili Paris yang diletakkan disudut ruangan rumah anda in sya Allah akan tumbuh kembang secara baik. Lili Paris bisa mengeluarkan oksigen dan dapat sekaligus menghilangkan racun jenis formaldehida dan xylene dari furnitur dan cat dinding rumah anda.Keren kan makhluk Allah ini!

2.Dracaena
Dracaena banyak macamnya seperti  Dracaena ReflexaDracaena Reflexa bahkan ada juga yang digunakan untuk pewarna kue.Tumbuhan ini termasuk yang bisa mengeluarkan oksigen-oksigen terbaik bila dibandingkan dengan tumbuhan lainnya sehingga udara yang ada disekitarnya jadi lebih bersih dan sehat.Tanaman ini berasal dari Kamerun, tumbuh dalam semak dengan batang ramping dan lentur, dengan daun yang memanjang.Kemudian mulai dibudidayakan masyarakat China dan Jepang, bahkan mulai dibentuk menjadi pola-pola yang menarik (wikipedia). Dari sejumlah penelitian ternyata dracaena bisa dan mampu mengendalikan kadar kelembapan dalam ruangan  dan hebatnya lagi ia bisa menyamankan hati manusia yang berada di dekatnya.”Keajaiban” lain dari dracaena yang tak kalah serunya adalah bisa membersihkan udara dan membuang unsur zat kimia berbahaya seperti formaldehida, xylene, toluene, benzene, dan trichloroethylene.

 

Baca Juga: Tikus-Tikus Takut Dengan 3 Tumbuhan Dan 2 Bumbu Dapur Ini

 

3.Sirih gading (Epipremnum)
Tanaman yang tergolong tanaman hias dan merambat ini bisa tumbuh subur di tanah ataupun air yang bisa diletakkan disudut-sudut rumah atau pekarangan sehingga disekitar rumah jadi hijau dan sejuk.Sirih gading dengan rumbai daun hijau kekuningannya adalah tumbuhan yang khas bermanfaat untuk penghasil oksigen-oksigen dan membuang racun seperti formaldehida, xylene, toluene, benzene, dan karbon monoksida

4.Palem bambu (Chamaedorea seifrizii)

Termasuk juga golongan tanaman hias pohon palem bambu tumbuh subur di daerah-daerah tropis seperti di Indonesia ini.Seperti tumbuhan yang lain palem bambu termasuk juga sebagai salah satu tumbuhan pembuat oksigen-oksigen disekitar rumah dan bermanfaat juga menghilangkan polusi udara seperti formaldehida, benzena, karbon monoksida dan xylene.                                                                                                                                                                                  

5. Krisan (Chrysanthemum morifolium)
Konon tanaman krisan bermanfaat juga untuk kesehatan manusia seperti mencegah diabetes dan kanker prostat. Namun karena artikel ini membahas tentang tumbuhan pengeluar oksigen tentu krisan sudah pasti termasuk salah satu tumbuhan pengeluar oksigen yang bisa menjadi salah satu pilihan anda untuk menambahkan pohon cantik ini didalam ruangan rumah anda. Karena krisan mampu menghasilkan oksigen maka racun-racun berbahaya seperti formaldehida, xylene, benzena, dan amonia pasti bisa “dilibas” pula olehnya.Sehingga udara menjadi bersih tentunya.

6. Ficus elastica
Masyarakat lebih mengenalnya sebagai pohon karet dimana tampilannya cukup menarik dan elegan ketika diletakkan disudut ruangan. Kehebatan ficus elastica sama seperti tumbuhan lainya:mengeluarkan oksigen, membersihkan udara dari racun karbon monoksida, formaldehida, trichloroethylene.

7. Sri rejeki (Aglaonema)
Terkenal juga dengan sebutan Cemara Cina tanaman hias tropis ini juga tak kalah seperti tumbuhan yang sudah ditulis diatas.Penghasil oksigen dan penetralisir udara beracun di lokasi tempat tinggal kita seperti benzena, karbon monoksida, formaldehida, dan trichloroethylene.

8. Peace lily (Spathiphyllum)
Pilihan lain untuk anda tumbuhan pengeluar oksigen lainnya adalah peace lily.
Tumbuhan ini juga dapat menghilangkan polutan udara seperti formaldehida, benzena, trichloroethylene, xylene, dan amonia.

9. Lidah mertua (Sansevieria).Namanya unik ya ,tapi tumbuhan ini jika berada dalam rumah khususnya dalam ruangan tidur,ia ternyata bisa mengeluarkan oksigen  yang dapat membuat siapa saja yang ada dalam ruangan itu tidur jadi lebih enak alias nyenyak dan pulas. Tanaman lidah mertua ini juga berfungsi menetralisir udara dan menyaring racun seperti benzena, xylene, trichlorethylene dan formaldehyde.

Itulah sebagian kecil dari tumbuh-tumbuhan pengeluar oksigen disekitar kita.Masih banyak lagi tumbuh-tumbuhan yang lain yang bisa seperti itu.Silahkan menambahkan jenis tumbuhan lainnya dalam kolom komentar dibawah.

Sekali lagi kita harus banyak bersyukur dengan segala ciptaanNya dengan menjaga kelestarian makhluk hidup yang ada disekeliling kita

Penulis : Usamah Khalid (email :uskhal@thoyron.com)

Sumber Tulisan https://www.sehatq.com

4 Comments
  1. Juli 4, 2020 | Balas
    • Juli 25, 2020 | Balas
  2. reza
    Juli 4, 2020 | Balas
    • Juli 25, 2020 | Balas

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *